Mengenal Paper in Oil Capacitor dan Pengaruhnya untuk Tone Gitar

by Tyo Harsono on Apr 27, 2022

Bagi pencinta gitar vintage, nama paper in oil capacitor adalah salah satu yang paling sering disebut. Nah, apa sih sebenernya ini?

Paper in oil capacitor (selanjutnya disebut PIO capacitor) adalah salah satu modifikasi yang sering dilakukan. Hal itu demi mendapatkan suara vintage.

Secara historis, PIO capacitor sering diggunakan untuk gitar-gitar vintage. Terdapat dua tipe dari capacitor ini yang paling terkenal, Bumble Bee dan Black Beauty.

PIO capacitor sendiri sudah dipakai sejak 1950an. Capacitor jenis ini menggunakan kertas khusus di dalam minyak khusus dengan body dari bakelite.

Sebenarnya, PIO capacitor dianggap sempurna untuk voltase tinggi. Hal tersebut membuat mereka bisa membuat perubahan frekuensi berjalan lebih lancar.

Alhasil, PIO capacitor bisa memberikan suara yang lebih lembut dan hangat. Apalagi jika dibandingkan dengan jenis capacitor lain yang hadir setelahnya.

Sayangnya PIO capacitor sendiri mulai jarang dipakai sejak akhir 1970an. Terdapat beberapa keuntungan menggunakan capacitor jenis ini.

Pertama adalah memberikan tekanan kepada voltase yang terlalu tinggi. Kemudian, memudahkan perubahan sirkulasi frekuensi.

Selain itu, PIO capacitor juga meningkatkan insulasi terhadap konstan yang terlalu tinggi. Lalu mengeliminasi variasi yang ada dalam karakteristik suara.

Paling utama, adalah ketika terjadi perubahan frekuensi yang spesifik. Baik dengan tekanan tinggi atau rendah bisa dikompresi dengan lebih baik.

Hal tersebut membuat PIO capacitor lebih baik untuk kamu yang ingin mengincar sound vintage. Oiya, ada satu mitos mengenai capacitor jenis ini.

Banyak yang bilang kalau PIO capacitor JAUH lebih baik daripada capacitor modern kebanyakan. Pada kenyataannya, capacitor ENGGAK BISA memberikan tone ke gitar.

Apa yang dilakukan oleh capacitor hanya mengubah tone dari gitar yang sudah ada. Hanya saja memang sound yang dihasilkan BERBEDA dari capacitor jenis lain.

Nah ini sedikit panduan value capacitor untuk kebutuhanmu:

  • Gitar dengan kombinasi single coil dan humbucker: .015uF - 300V
  • Gitar humbucker: .022uF - 300V
  • Gitar single coil: .047uF - 300V

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!