Mengenal Jenis-jenis Humbucker, Apa Aja Sih?

by Tyo Harsono on Apr 4, 2022

Selama ini kita selalu dihidangkan dengan pertanyaan single coil atau humbucker. Nah, sadar enggak sih, ternyata humbucker saja banyak jenisnya loh!

Humbucker sendiri muncul pada pertengahan menjelang akhir 1960an. Saat itu kemunculannya ditandain dengan dua perusahaan, Gibson dan Gretsch.

Awal mula keinginan membuat humbucker karena hal sederhana. Produsen gitar mau ngilangin 60 cycle hum yang muncul dari pickup single coil.

Cara ngilangin 60 cycle hum cukup sederhana, yaitu dengan naro dua single coil. Keduanya bakal dibuat dengan series, bukan parallel.

Dengan adanya humbucker, bisa ngehasilin output yang lebih kuat. Hasilnya, biasanya pickup jenis ini identik dengan musik-musik keras.

Awalnya, cuma ada dua jenis humbucker. Sekarang, sedikitnya ada tujuh jenis humbucker. Apa aja? Simak jenis-jenisnya di bawah ini!

PAF Style Humbucker

Humbucker jenis ini sering dikaitin dengan Gibson. Maklum, produsen itu yang pertama kali ngeluarin humbucker jenis ini.

PAF sendiri singkatan dari Patent Applied For. Humbucker jenis ini keluar sekitar 1955 dan didesain oleh Seth Lover. Jenis ini yang paling umum di antara humbucker lain.

Active Humbucker

Pikip jenis ini punya preamp built ini yang ada di setiap coil. Hasilnya suara yang lebih jernih dan sinyalyang cukup terkompres.

Mini Humbucker

Bisa dibilang, humbucker jenis ini adalah gabungan antara PAF dengan P90. Mini humbucker punya suara yang mirip P90, tapi dengan hum canceling ala PAF.

Single Coil Sized Humbucker

Humbucker jenis ini sudah pernah dibahas di sini. Intinya, jenis ini adalah humbucker yang berada di format kayak single coil untuk gitar-gitar seperti Telecaster atau Stratocaster.

Mayoritas humbucker dengan bentuk single coil punya jenis magnet berbentuk rail. Banyak juga gitaris yang akhirnya pakai pickup jenis ini.

Filtertron Style Humbucker

Kalau pickup jenis ini, biasa digunakan di produk-produk Gretsch. Tahun keluarnya hampir sama dengan PAF, jadi sulit diketahui mana yang muncul lebih dulu.

Filtertron punya karakter suara yang berbeda dari jenis PAF. Suaranya lebih tipis dengan output yang lebih tipis sehingga mirip dengan single coil.

Wide Range Humbucker

Kalau humbucker tipe ini biasanya ada di gitar-gitar Fender. Uniknya Wide Range Humbucker juga dirancang oleh Seth Lover. Kami pernah membahasnya di sini.

Gold Foil Humbucker

Gold Foil Humbucker punya karakter yang mirip dengan PAF, tetapi dengan konfigurasi berbeda. Keunikannya adalah suara yang mirip dengan P90 dan Jazzmaster, tapi tanpa hum.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!