Mengenal Apa Itu Alternate Tuning, Cobain 3 Ini!

by Tyo Harsono on Apr 13, 2022

Tuning untuk gitar saat ini sudah ditetapkan selama lebih dari lima abad. Nah, tapi tahu enggak sih kamu kalau ada yang namanya alternate tuning?

Apa itu alternate tuning? Alternate tuning adalah cara men-tuning gitar yang enggak biasa. Normalnya gitar dituning dengan senar E, A, D, G, B, e.

Adapun alternate tuning adalah teknik men-tuning gitar selain dengan tuning normal. Lalu, mengapa orang melakukan alternate tuning?

Hal itu demi menghasilkan sonic berbeda dari chord. Selain itu untuk menyesuaikan dengan range suara vokalis atau kebutuhan lagu lainnya.

Nah apa saja alternate tuning yang bisa kamu coba? Sebagai langkah awal, kamu bisa memakai tiga alternate tuning yang paling populer!

Open G Tuning

Tuning ini dipopulerkan oleh gitaris Rolling Stones, Keith Richards.Kamu bisa mendengarnya di lagu-lagu kayak Can't You Hear Me Knocking atau Street Fighting Man.

Dalam tuning ini, kamu bisa men-tune gitarmu sebagai berikut: D, G, D, G, B, D. Uniknya, kalau Keith Richards sering menghilangkan senar 6 di gitarnya (cuma pakai 5 senar).

Drop D Tuning

Jenis tuning ini adalah salah satu yang paling terkenal dan mudah dipelajari. Pasalnya dalam tuning ini kamu hanya perlu mengubah salah satu senar.

Tepatnya di senar paling rendah yang diubah dari E menjadi D (D, A, D, G, B, e). Jenis tuning ini biasa didengar di musik-musik keras kayak Everlong (Foo Fighters) atau Killing in the Name (Rage Against the Machine).

New Standard Tuning

Tuning gitar ini dibuat oleh gitaris legendaris, Robert Fripp. Fripp yang merupakan anggota King Crimson membangun tuning ini dengan menggabungkan 5th dengan minor 3rd.

Gitar ini memiliki karakter suara yang cukup kaya, terutama ketika melakukan petikan-petikan. Adapun tuning yang digunakan adalah C, G, D, A, E, G.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!