#CekFakta Pickup Jazzmaster dan P90 Ternyata Enggak Sama Loh, Apa Bedanya?

by Tyo Harsono on Apr 15, 2022

Salah satu kesalahan terbesar dalam dunia gitar adalah memahami pickup di gitar jenis Jazzmaster. Banyak yang menyangka pickup jenis ini adalah P90.

Padahal enggak. Kedua jenis pickup ini berbeda cukup drastis. Namun memang ada persamaan antara pickup Jazzmaster dengan P90.

Sebelum ke perbedaannya, mari pahami dulu persamaannya. Baik Jazzmaster maupun P90 pada dasarnya adalah pickup single coil.

Loh kok jadi single coil? Iya walau bentuknya berbeda dari pickup Stratocaster dan Telecaster, tetapi keduanya 100% single coil.

Nah sekarang ke perbedaannya. Mari bahas satu per satu lebih dulu karakteristik setiap pickup. Kemudian baru kita bedah perbedaannya.

P90

P90 adalah salah satu pickup gitar tertua yang ada. Gibson sudah mengembangkan pickup jenis ini sejak setelah Perang Dunia II berakhir.

Karakteristik P90 adalah bobbin yan digunakan untuk pickup ini lebih pendek. Namun, dari segi ukuran juga lebih melebar sehingga gulungan di dalamnya lebih mendekati pole.

Hal ini membuat P90 menghasilkan suara yang cukup gelap. Pickup jenis ini memiliki suara yang jika digambarkan merupakan kawin silang single coil ala Fender dengan humbucker.

Fun fact, humbucker jenis PAF yang dikembangkan Gibson menggunakan P90 sebagai dasarnya. Bisa dibilang sebenarnya isinya mirip denga  dua P90 yang dijadikan satu.

Jazzmaster

Jazzmaster adalah pickup yang dikembangkan oleh Fender. Ciri khasnya adalah bentuk yang cukup gepeng sehingga sering disalah artikan dengan P90.

Meski sekilas mirip, mereka dibuat dengan berbeda. Pickup jenis ini memiliki bentuk yang lebih lebar sehingga suara yang dihasilkan lebih gelap meski tanpa menghilangkan karakter single coil.

Selain itu, mayoritas Jazzmaster dibuat dengan konfigurasi reverse-wound, reverse polarity (RWRP). Artinya, meski single coil, tetapi jika disetting di middle, kedua pickup akan mengeliminasi hum.

Perbedaan antara Keduanya

Dari penjelasan di atas, sebenarnya sudah jelas perbedaan antara pickup Jazzmaster dengan P90. Namun, masih ada lagi perbedaan dari segi konstruksi.

P90, menggunakan magnet yang berada di bawah coil-nya. Sementara itu Jazzmaster menggunakan magnet untuk di setiap pole pieces-nya.

Dengan demikian karakter suara yang dihasilkan juga berbeda. Jazzmaster punya karakter suara yang lebih mellow dan agak nge-'jazz'.

Nah, dari penjelasan di atas, sudah ketahuan kan apa saja perbedaan antara Jazzmaster dengan P90?

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!