Bukan Leo Fender, Siapa Sih yang Sebenernya Nemuin Gitar Elektrik?

by Tyo Harsono on Apr 22, 2022

Salah satu miskonsepsi terbesar dalam dunia gitar adalah menganggap Leo Fender sebagai penemu gitar elektrik. Enggak sepenuhnya salah sih, tapi yuk simak kebenarannya!

Perkembangan dunia berubah drastis dalam 200 tahun terakhir. Revolusi industri pada akhir abad ke-17 sampai awal abad ke-18 mengubah banyak hal.

Industri gitar (terutama elektrik) sendiri bisa dibilang masih cukup 'muda'. Usianya belum 100 tahun sejak Leo Fender pertama kali merilis Fender Telecaster.

Karena Telecaster adalah gitar elektrik (solid body) pertama yang dijual di pasaran, miskonsepsi pun terjadi. Hal tersebut membuat Leo disebut sebagai penemu gitar elektrik.

Padahal seperti pernah kami bahas sebelumnya, gitar elektrik dengan format hollow body atau akustik elektrik sudah ada sekitar dua dekade sebelum Telecaster dirilis.

Pickup untuk gitar sendiri sudah ditemukan sejak 1924 (26 tahun sebelum Telecaster rilis. Adalah Llyoyd Loar yang menemukannya.

Jadi, kalau begitu ketimbang Leo, Loar dong penemu gitar elektrik? Yakin? Dilandasi rasa penasaran, kami pun mencoba menelisiknya.

Di sini ada hal yang menarik, kami menemukan paten untuk gitar elektrik pada 1890! Adalah seorang perwira Amerika Serikat bernama George Breed yang mengajukan paten tersebut.

Apa yang diciptakan oleh Breed saat itu cukup mirip dengan gitar akustik elektrik saat ini. Namun ada perbedaan dengan pickup yang menangkap getaran dari body gitar.

Menariknya, pickup buatan Breed bisa dipasang di gitar apa pun saat itu. Syaratnya adalah dengan menggunakan senar berbahan metal, hal yang jarang di akhir abad ke-19.

Bukan tanpa alasan, sebelum 1900an, senar berbahan metal bukanlah hal yang lazim. Kebanyakan menggunakan senar berbahan nylon.

Berdasarkan halaman dari paten yang diajukan tersebut, alat buatan Breed bisa dipakai di alat musik lain. Contohnya keyboard atau cello.

Hal itu karena seperti sudah dijalaskan di atas, pickup buatan Breed enggak menangkap frekuensi suara dari senar. Melainkan menangkap frekuensi dari body gitar.

Sayangnya pickup buatan Breed ini tidak beredar di pasaran. Setelah itu, praktis belum ada inovasi baru sampai dekade 1920an.

Pickup buatan Breed memang masih berasa kuno, tetapi Lloyd dan inventor lain mulai mendekati pickup modern. Adalah Kay yang bisa dibilang pertama kali merilis gitar hollow body pada 1938.

Sebelumnya gitar elektrik bisa dibilang hanya gitar akustik yang ditempeli oleh pickup. Saat itu gitar buatan Kay hanya punya satu pickup di dekat neck.

Di dekade 1930an, inventor lain berinovasi. Adalah George Beauchamp yang menciptakan gitar elektrik solid body pertama.

Saat itu, Beauchamp terinspirasi dari gitar Hawaiian lap steel buatan imigran asal Swiss, Adolph Rickenbacker. Beauchamp sendiri pernah memainkan gitar buatan Rickenbacker.

Dari sana, dia mulai membuat gitar elektrik solid body pertama. Sejatinya dia sudah mengerjakan hal itu sejak 1932, tetapi baru berani merilisnya beberapa tahun berselang.

Beauchamp merilis dua gitar saat itu dengan brand Electro String. Pertama adalah Electro A22 dan Electro A25 yang direvisi menjadi Model B pada 1935.

Hal-hal di atas menilik rasa penasaran Leo Fender. Menjelang Perang Dunia II berakhir (sekitar 1943 atau 1944), dia mulai berkreasi.

Setelah melakukan berbagai revisi, akhirnya Leo berani merilis Telecaster pada 1951. Lucunya, Fender berangkat dari perusahaan yang memproduksi amplifier!

Nah, jadi siapa sebenernya penemu gitar elektrik? Kalau menurutmu siapa?

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!