Apa Sih Gitar Vintage? Mana Aja yang Bisa Masuk Kategori Ini di 2022?

by Tyo Harsono on Apr 1, 2022

Kamu pasti sering denger kata-kata gitar vintage. Cuma, karena ambigu sehingga kalimat ini sering masuk kategori abu-abu. Biar enggak salah kaprah, yuk pahami definisinya.

Apa Sih Gitar Vintage?

Mengacu pada definisinya, vintage cukup luas. Setiap barang memiliki penjelasan berbeda, seperti wine harus berusia 100 tahun lebih atau pakaian yang 'hanya' 10 tahun.

Untuk gitar sendiri terdapat perdebatan mengenai arti kata vintage. Ada yang menganggap hanya gitar buatan golden era (1950-1960an) yang termasuk vintage.

Namun ada juga yang menganggap gitar-gitar buatan 1970an masuk kategori vintage. Banyak juga yang menyebut gitar berusia 10 tahun dengan kata vintage.

Reverb selaku salah satu perusahaan gear terbesar di dunia punya definisi sendiri untuk menengahinya. Berdasarkan taksiran mereka, gitar vintage adalah yang berusia 30 tahun ke atas.

Secara garis besar, gitar vintage dibagi lagi menjadi dua jenis. Kedua jenis bisa kamu lihat di bawah ini sebagai perbandingan.

Jenis Gitar Vintage

Player Grade

Gitar vintage jenis ini adalah gitar yang sering dipakai oleh pemainnya. Biasanya gitar jenis ini punya ding, wear, atau bahkan part yang sudah diganti.

Biasanya gitar jenis ini sudah siap tempur. Soal kualitas sudah terjamin karena terbukti sering dimainkan oleh pemilik sebelumnya.

Collector Grade

Jenis kedua adalah collector grade. Gitar jenis ini memiliki tampilan yang sangat bagus, bahkan terkadang sampai masih terlihat baru.

Gitar ini biasanya sangat dicintai oleh kolektor. Segala part dikurasi dengan baik dan biasanya tidak pernah berubah, kecuali mungkin sekadar senar.

Menggunakan taksiran Reverb di atas, artinya gitar yang dibuat pada 1992 ke bawah sudah bisa dibilang vintage. Namun enggak termasuk gitar reissue.

Contoh Gitar Vintage

Misalnya Fender American Vintage Reissue 1950. Gitar ini enggak diproduksi di dekade 1950an dan belum tentu berusia 30 tahun.

Contohnya adalah Fender Jazz Bass Standard 1992. Dibuat pada 1992, artinya pada 2022 ini bass tersebut sudah bisa disebut vintage.

Sedangkan contoh lain adalah Fender Stratocaster Jepang yang dibuat pada 1989. Karena dibuat sebelum 1992, gitar ini juga vintage, bahkan sudah sejak 2019 lalu.

Sementara itu untuk gitar yang dibuat pada 1993, kurang beberapa bulan lagi baru bisa dikategorikan vintage. Misalnya Edward ES-335 buatan 1993.

Nah, itulah definisi, kategori, dan contoh gitar-gitar vintage. Jadi gimana, jangan-jangan tanpa disadari kamu adalah salah satu pemilik gitar vintage?

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!