5 Tips Merawat Gitar untuk Gitaris Pemula

by Tyo Harsono on Apr 11, 2022

Ketika awal memiliki gitar, kamu sering memainkannya. Namun, kelamaan entah suaranya berubah, atau jadi kurang nyaman dimainkan sering terjadi.

Kadang, namanya pemula belum tentu kita tahu cara merawat gitar dengan benar. Bisa jadi, apa yang kita lakuin enggak atau kurang tepat.

Nah, ini yang ngebikin perawatan gitar itu penting. Soalnya perawatan yang kurang bener bisa ngebikin gitarmu enggan nyaman, manjang deh intinya.

Toh gitar ini yang nantinya jadi medium untuk belajar gitarmu. Memastikan kondisinya tetap prima adalah salah satu cara terbaik untuk perkembanganmu.

Gitar yang dirawat dengan baik bakal lebih mudah untuk dimainkan. Dengan demikian, proses belajarmu akan lebih memastikan.

Memang kamu belum tentu bisa menjaga gitarmu selalu terawat. Tetapi, paling enggak kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini. Apa aja? Simak penjelasannya!

A. Punya Case atau Stand

Banyak gitaris pemula yang enggak sadar pentingnya punya case atau stand. Case di sini enggak berarti hard case ya, bisa juga gigbag.

Punya dua item ini sangat penting, karena kalau enggak kebanyakan di antara kita yang naruh gitar sekadar nyender di tembok.

Hal tersebut tentu enggak ideal. Pasalnya bukan enggak mungkin gitarmu jatuh dan menyebabkan kerusakan kalau ditaruh sembarangan.

B. Mengganti Senar Secara Rutin

Banyak gitaris pemula yang enggak ngegganti senar mereka. Kecuali terkadang kalau adaa yang rusak. Hal ini berpengaruh ke beberapa hal, yaitu:

  1. Sound: senar lama punya suara yang cenderung melemah. Hal ini yang banyak bikin gitaris pemula berhenti main gitar.

  2. Feel: biasanya senar lama enggak nyaman di tangan. Hal tersebut yang ngebikin banyak gitaris pemula kesulitan belajar chord dengan benar.

  3. Damage: selain itu, senar lama bisa berdampak ke fret dan fretboard. Penggunaan senar lama bisa membuat fret dan fretboardmu cepat rusak.

C. Menyiapkan Tool Kit

Melakukan perawatan dasar untuk gitar bukan perkara sulit. Cuma, terkadang kamu cuma enggak punya peralatan yang tepat.

Oleh sebab itu, mempunyai basic tool kit sudah cukup untukmu. Kalau memiliki peralatan ini, bisa jadi kamu memperbaiki sendiri gitarmu. Alat-alatnya adalah:

  1. Pemotong kawat (atau pemotong senar)

  2. String winder

  3. Kain untuk melap body gitar

  4. Seperangkat kunci L

  5. Beberapa ukuran obeng

  6. Tuner untuk gitar 

D. Membersihkan Gitar

Setelah bermain, terkadang kita lupa membersihkan gitar. Padahal ada keringat atau cairan lain dari tubuh kita yang bisa memengaruhi suara gitar.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu membersihkan gitar setiap bermain. Apa yang harus dibersihkan? Mulai dari senar, fingerboard, body, dan neck.

E. Kapan Service ke Teknisi Profesional?

Meski sudah melakukan hal-hal di atas, sebagai pemula, enggak semua bisa langsung kamu lakukan. Kalau sudah begini, enggak ada salahnya ke teknisi profesional.

Kamu sebaiknya ke teknisi profesional ketika ngerasa ada yang salah atau rusak dari gitarmu. Misalnya kalau pickup tiba-tiba enggak bunyi atau tuning bermasalah.

Selain itu, bukan hal buruk juga kalau satu tahun sekali kamu pergi ke teknisi profesional. Hal ini demi memastikan gitarmu selalu dalam kondisi terbaik.

 Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!