Suka Sound Gitar Jonny Greenwood? Ini Cara Dapetin Suara Khas Radiohead!

by Tyo Harsono on Mar 9, 2022

Dalam 30 tahun terakhir, jarang musisi atau band yang berhasil merevolusi sound. Kalaupun ada, satu di antaranya adalah Radiohead.

Besar sejak dekade 1990an, Radiohead digawangi oleh musisi-musisi jenius. Termasuk vokalis dan penulis lagu andalannya, Thom Yorke.

Akan tetapi, Yorke bukan satu-satunya yang membuat Radiohead unik. Lagu ciptaan dan liriknya memang luar biasa, namun kombinasi dengan sound uniklah yang menjadi ciri khas mereka.

Jonny Greenwood

Di balik Radiohead, Yorke punya segerombolan musisi enggak kalah hebat. Salah satunya adalah komposer sekaligus multi instrumentalis mereka, Jonny Greenwood.

Mulai dari Pablo Honey, Kid A, OK Computer, sampai Lotus Flowers tercipta berkat komposisi Jonny. Adik dari Collin Greenwood ini terkenal berani bereksperimen dengan sound.

Kemampuan Jonny enggak perlu diraguin lagi. Terbukti sutradara Paul Thomas Anderson sudah berlangganan memakai jasanya untuk film-filmnya.

Enggak cuma di sitiu, Jonny sendiri sudah dua kali masuk sebagai nominee Oscar untuk kategori Best Original Score. Pertama lewat Phantom Thread (2017) lalu The Power of the Dog (2021).

Nah, selama di Radiohead, ada dua gitar yang identik dengan Jonny. Pertama Fender Telecaster Plus, lalu Fender Starcaster.

Fender Telecaster Plus-nya sudah dimodifikasi. Di bagian neck dia memakai Blue Lace Sensor Single Coil dan di bridge dua Red Lace single coil yang dijadiin humbucker.

Untuk urusan amplifier, Jonny pakai Vox AC-30 dan Fender Deluxe 85. Nah yang menarik adalah efek-efek yang dia gunakan.

Ada beberapa pedal esensial yang kamu perluin untuk dapet karater sound Jonny. Yaitu Marshall Shredmaster, Boss RV-3, Boss SD-1, Boss LS-2, Roland RE-201, dan DigiTech Whammy.

Ed O’Brien

Itu yang kamu perluin untuk dapetin sound gitar ala Jonny. Tapi Radiohead punya satu gitaris lagi, Ed O'Brien. Kalau kamu mau dapetin sound ala mereka, perlu juga untuk tahu gear yang dia pakai.

Ed terkenal sering memakai Fender Eric Clapton Stratocaster. Tapi dia cukup sering ganti gitar mulai dari Rickenbacker 360 sampai Gibson Les Paul Gold Top.

Dari segi ampli, Ed akrab dengan Fender Super-Sonic 112. Kalau efeknya Eventide H9, Strymon TimeLine, Electro Harmonix HOG, dan Klon Centaur.

Berikut ini adalah contoh kombinasi efek yang mereka pakai di beberapa lagunya. Yuk disimak!

Era The Bends

Untuk sound Radiohead era The Bends, kamu bisa memakai gitar dengan spesifikasi humbucker di neck. Kemudian taruh hi-gain distortion setelah gitar. Mudah bukan?

Era OK Computer

Kalau era ini agak sedikit ribet. Untuk mempersimpel, kami akan memberikan contoh cara ngedapetin sound di lagu Paranoid Android.

Di sini gitar yang dipakai adalah humbucker dengan posisi bridge. Dari gitar akan masuk ke pedal envelope filter yang disetting dengan rate, range, dan decay cukup tinggi.

Kemudian disambungkan ke pedal low gain overdrive. Di ujung sinyal pedal, kamu bisa menaruh hi-gain distortion atau fuzz.

Era Modern

Memasuki era modern, Radiohead lebih berani eksperimen dengan sound. Namun, satu pedal yang paling utama adalah preamp pedal.

Kamu bisa melakukan setting treble yang mentok, bass cukup tinggi, dan mids yang enggak terlalu besar. Dari situ kamu bisa lanjut ke pedal echo-reverb (bisa dengan dua pedal berbeda dikombinasiin).

Untuk menambah kesan mengawang, kamu bisa pakai efek space echo, phaser, atau flanger. Untuk beberapa lagu, DigiTech Whammy atau pedal sejenis juga penting.

Dirt pedal kayak overdrive juga wajib ada. Sebagai pelengkap, pedal fuzz atau distortion yang mumpuni juga diperlukan.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!