Kalau Enggak Suka Jagstang, Mungkin Kamu Bisa Coba Jaguar Strat!

by Tyo Harsono on Mar 28, 2022

Pada 2018 sampai 2020, Fender sering melakukan eksperimen terhadap gitar-gitar mereka. Termasuk di antaranya adalah dengan mengeluarkan seri-seri baru.

Semua diawali dengan Fender Parallel Universe. Seri gitar tersebut dikeluarkan pada 2019 dengan mencampurkan beberapa produk Fender.

Mereka berangkat dari pola pikir "apa yang terjadi kalau Telecaster punya pickup gold foil humbucker?" Atau "apa jadinya kalau Stratocaster punya pickup Jaguar?"

Pertanyaan-pertanyaan ini dijawab melalui Parallel Universe. Total terdapat delapan seri yang mereka rilis pada awalnya.

Salah satu seri andalan Parallel Universe adalah Jaguar Strat. Maklum, gitar ini merupakan gabungan dari DNA dua gitar Fender.

Bukan rahasia kalau Stratocaster dan Jaguar adalah dua produk ikonik Fender. Sudah banyak gitaris top yang memakai kedua gitar itu.

Keduanya banyak mengubah dunia gitar. Mulai dari Jimi Hendrix, Kurt Cobain, Alex Turner, sampai John Mayer serta Eric Clapton.

Jaguar Strat adalah gabungan dari kedua gitar. Fender membuatnya dengan spesifikasi Stratocaster tetapi elektronik Jaguar.

Body-nya terbuat dari alder seperti Strat. Selain itu body mempunyai finish premium lacquer yang membuat gitar itu dicintai selama tujuh dekade terakhir.

Untuk neck, gitar ini punya scale 25.5" kayak Strat pada umumnya. Terus neck profile-nya deep C serta punya radius 9.5" narrow tall fret.

Meski begitu, yang paling unik adalah elektroniknya. Pickup yang digunakan adalah tiga Pure Vintage '65 Jaguar, alih-alih dua seperti Jaguar pada umumnya.

Bagian kontrol yang sangat menarik. Memang hanya ada masing-masing satu knob untuk master volume dan tone, namun ada kontrol-kontrol lain.

Di bagian bawah, terdapat 5-way switch layaknya Strat. Selain itu terdapat roller tone knob di bagian atas seperti Jaguar.

Penggunaan 5-way switch persis seperti di Strat untuk penggunaannya. Nah yang unik adalah ketika 5-way switch ditaruh di tengah.

Jika di Strat, posisi tengah artinya adalah hanya middle pickup yang menyala. Namun dengan tambahan dua switch di bagian roller, hal berbeda bisa terjadi.

Switch pertama berfungsi untuk mengaktifkan pickup neck dan bridge. Artinya karakter suara middle position Jaguar normal masih bisa didapat.

Lalu switch berikutnya untuk mengaktifkan middle pickup. Dengan demikian, ketiga pickup bisa dinyalakan bersamaan atau hanya middle pickup yang bekerja.

Untuk melengkapi, terdapat Fender American Professional Jaguar/Jazzmaster bridge. Selain itu ada floating locking tremolo.

Gimana, unik kan gabungan kedua Fender ini? Kalau kamu enggak suka Jagstang-nya Kurt Cobain tapi pengen sesuatu yang baru, Jaguar Strat ini bisa jadi opsi!

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!