Baru Mau Beli Capo, Ini Tips Memilihnya

by Tyo Harsono on Mar 25, 2022

Capo merupakan salah satu alat yang murah tapi enggak semua orang punya. Padahal alat ini cukup berguna untuk para pemain gitar.

Ada dua hal yang paling memudahkan dari capo. Pertama adalah untuk memainkan chord yang lebih gampang dengan mentranspose.

Selain itu adalah untuk memainkan chord yang sesuai dengan range suara kita. Dengan adanya capo, kita bisa menyesuaikan.

Alasan lain adalah capo bisa ngasih variasi tone dari chord yang sama. Misalnya ada dua gitaris dalam satu band, yang satu pakai capo satu enggak.

Nah yang pakai capo bakal punya suara yang lebih tinggi walau main di kunci yang sama. Hasilnya range suara yang dihasilin juga lebih unik.

Buat kamu yang pertama kali baru mau memakai capo, ada beberapa tips dan trik. Apa saja? Simak tips milih capo yang tepat untukmu.

Pada dasarnya capo modern ada beberapa jenis. Pertama model clutch yang ditempel di fret dan tinggal geser-geser untuk ngubah suara.

Jenis kedua adalah lever. Capo jenis ini punya capitan untuk mempermudah perubahan capo di mana kamu mau menaruhnya.

Capo terakhir adalah jenis partial. Capo jenis ini mirip dengan lever, tapi punya bagian yang lebih pendek untuk daerah belakangnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau memilih capo. Pertama, pastikan capo yang kamu pilih enggak ngebending senar.

Hal itu supaya nantinya capomu enggak ngerusak tuning gitarmu. Pasalnya penggunaan capo yang seperti itu bisa membuat gitarmu gampang out of tune.

Selain itu pastikan juga capo yang kamu pakai enggak ngehalangin tanganmu saat ngefret. Pastiin kalau capomu enggak ngeganggu teknik bermainmu.

Kamu juga sebaiknya memerhatikan kontak antara capo dengan gitarmu. Soalnya kalau enggak hati-hati fretboardmu bisa rusak.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!