Resmi Reuni, RHCP dan John Frusciante Rilis Lagu Baru dan Siapin Album

by Tyo Harsono on Feb 11, 2022

Nama John Frusciante dan Red Hot Chili Peppers (RHCP) sangat identik. Maklum, Frusciante sempet lama jadi gitaris band itu walau keluar masuk.

Frusciante pertama kali masuk ke RHCP pada 1988. Waktu itu dia baru berumur 18 tahun dan ngegantiin Hillel Slovak yang meninggal dunia.

Kebetulan Frusciante memang ngefan sama RHCP, terutama Slovak sejak masih umur 15 tahun. Hasilnya ketika RHCP ngadain audisi, dia langsung kepilih.

Frusciante sama RHCP akhirnya sukses berkat album Blood Sugar Sex Magik (1992). Sayangnya kesuksesan itu malah ngebikin Frusciante keluar dari band-nya.

Baru di 1998 mereka reunian, tepatnya setelah RHCP mecat gitaris waktu itu, Dave Navarro. Frusciante sendiri ngehabisin waktu untuk rehabilitasi.

Kombinasi keduanya terbukti kembali ngeraih sukses. Lewat album-album kayak Californication (1999), By the Way (2002), dan puncaknya lewat Stadium Arcadium (2006).

Di tengah kejayaannya, sayangnya Frusciante lagi-lagi mutusin keluar dari RHCP. Kali ini karena dia mau fokus ke karier solo-nya.

Posisinya sendiri digantiin sama Josh Klinghoffer yang emang sering ngebantuin RHCP. Sementara itu Frusciante sendiri fokus sama karier solonya.

Permintaan untuk RHCP terdengar kenceng dari fans-nya. Bahkan enggak sedikit yang sampai ngeluarin kata-kata kurang pantes untuk Klinghoffer.

Waktu itu kedua belah pihak sendiri ngebantah kabar reunian. Baik RHCP maupun Frusciante sama-sama enggak mau reunian.

Sampe akhirnya di akhir 2019 ternyata Klinghoffer mutusin keluar dari RHCP. Tebak apa yang terjadi? Iya bener, Frusciante balik ke RHCP!

Emang waktu itu baru sekadar pengumuman. Tapi enggak tau kenapa, kombinasi keduanya enggak langsung ngeluarin karya baru.

Apalagi enggak lama setelah mereka reunian, pandemi Covid-19 menyerang dunia. Hasilnya reuni Frusciante dan RHCP enggak bisa langsung ngeluarin karya.

Akhirnya di awal 2022 kabar baik yang dinanti keluar. RHCP ngeluarin single baru dengan judul Black Summer bareng sama video klipnya.

Pada saat yang sama, RHCP juga ngumumin mereka bakal ngeluarin album baru dengan judul Unlimited Love. Ini merupakan album pertama mereka sejak 2016.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!