Rayakan Ultah George Harrison, Fender Rilis Ulang Telecaster Rosewood-nya

by Tyo Harsono on Feb 25, 2022

Kalau masih hidup, harusnya ini menjadi ulang tahun ke-79 George Harrison. Pria yang dikenal sebagai the quiet Beatle ini identik dengan salah satu gitarnya, Fender Telecaster Rosewood.

Pada awal kariernya, The Beatles enggak pakai gitar atau bass buatan Fender. Bahkan salah satu anggotanya, George Harrison, identik sama gitar buatan produsen lain.

Harrison awalnya pakai gitar buatan Hofner. Terus ketika The Beatles mulai ngetop, dia pernah pakai gitar bikinan Gretsch, Epiphone, sama Rickenbacker.

Fender yang pengen pansos dari kesuksesan The Beatles pun enggak mau kalah. Dia mulai ngedeketin anggota-anggota band asal Liverpool itu.

Awalnya mereka ngirimin The Beatles salah satu produknya, Bass VI. Bass ini dipake sama Harrison dan John Lennon ketika Paul McCartney lagi enggak main bass.

Nah, baru pada 1968 Fender ngasih gitar spesial untuk Harrison. Kebetulan waktu itu mereka ngerilis dua gitar edisi spesial.

Dua gitar itu, Telecaster dan Stratocaster yang dibuat seluruhnya dari kayu rosewood. Rencananya kedua gitar itu bakal dikasih ke dua gitaris top.

Untuk yang Stratocaster, bakal dikasih ke Jimi Hendrix. Sayangnya gitar itu hilang sampai sekarang dalam proses pengiriman.

Sedangkan untuk Telecaster-nya, untuk Harrison. Ini sempet jadi gitar andalannya bahkan muncul di video konser The Beatles di rooftop.

Pada 2016, sebenernya Fender udah sempet ngerilis gitar ini. Cuma waktu itu mereka ngerilisnya di bawah bendera Fender Custom Shop dan punya harga yang enggak bersahabat.

Satu tahun berselang, versi murahnya dirilis sama Fender. Bahkan waktu itu ada dua seri yang dirilis, buatan Amerika sama buatan Meksiko.

Setelah hampir lima tahun enggak ada kabar, akhirnya Fender ngeluarin lagi gitar rosewood-nya Harrison. Gitar ini dirilis untuk ngehormatin pria kelahiran 1943 itu.

Selain itu lagi-lagi Fender pengen pansos dari Beatles. Maklum beberapa waktu lalu serial dokumenter band legendaris itu dirilis sama sutradara top, Peter Jackson.

Kesuksesan dokumenter berjudul Get Back itu bikin Telecaster Rosewood-nya Harrison jadi sorotan. Maklum, dokumenter itu nyorotin persiapan The Beatles sebelum konser di rooftop.

Dalam rilisan kali ini, ciri khas seluruh elemennya dibuat dari rosewood dipertahanin. Selain itu body-nya dibuat chambered supaya enggak terlalu berat.

Untuk neck sendiri digunakan c-shaped dengan radius 9.5". Pickup yang dipakai di gitar ini adalah American Vintage '64 single coil Telecaster.

Selain itu hampir semua spesifikasi sama dengan vintage Telecaster. Perbedaan lain adalah adanya logo Harrison di bagian neck plate.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!