Peavey Wolfgang, Bukti Cinta Eddie Van Halen untuk Sang Anak

by Tyo Harsono on Feb 28, 2022

Pada awal kariernya, Eddie Van Halen terkenal dengan Frankenstrat. Nah, kelahiran anaknya, Wolfgang, di 1991 rupanya mengubah hidup Eddie.

Eddie sendiri udah mulai ngetop sejak akhir 1970an. Waktu itu dia main dari klub ke klub di daerah Pasadena sebelum ngerilis album debutnya.

Salah satu hal yang unik dari Eddie adalah sound gitarnya. Waktu itu sound gitar Eddie sampai dapat julukan sendiri, "Brown Sound".

Untuk ngedapetin sound itu ada dua elemen yang penting. Pertama, ampli Marshall yang udah dimodifikasi, terus gitar model Stratocaster dengan PAF humbucker.

Waktu itu Eddie punya gitar yang cukup unik, dinamain Franknstrat. Gitar itu punya humbucker copotan dari Gibson ES-335.

Menariknya hal itu bikin produsen gitar berlomba-lomba untuk kerja sama sama Eddie. Mulai dari Charvel, Kramer, sampai Music Man.

Tapi di akhir 1980an sampai awal 1990an, Eddie lagi negosiasi sama Peavey. Mereka berencana ngeluarin gitar kolaborasi.

Sayangnya proses produksi sempet macet dan baru akhirnya dirilis pada 1996. Kerja sama sendiri sebenarnya udah dimulai sejak 1991.

Gitar ini sendiri dibuat dengan body dari basswood yang dipadukan dengan carved maple top. Sementara neck dan fingerboard terbuat dari birdseye maple.

Kerennya, truss rod gitar ini dibuat dari graphite yang bisa di dual reinorcement. Ada 22 jumbo fret dan 15" fingerboard radius.

Pickup sendiri Peavey pakai Alnico V humbucker. Untuk ngelengkapin, ada juga tremolo dengan lisensi dari Floyd Rose.

Menariknya, walau ini adalah seri signature, Eddie enggak cantumin namanya. Alih-alih, dia malah memilih nama anaknya, Wolfgang, yang lahir pada 1991.

Eddie ini memang sayang banget sama Wolfgang. Bahkan dia pernah bikin lagu instrumental berjudul 316 yang merupakan tanggal lahir sang anak.

Rupanya rasa sayang Eddie enggak sia-sia. Wolfgang sendiri ngikutin jejak bapaknya. Sempet main drum dan jadi bassist Van Halen, sekarang dia punya karier sendiri.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!