Paramount, Seri Baru Fender yang Isinya Gitar Akustik, Banjo, dan Mandolin

by Tyo Harsono on Feb 7, 2022

Terkenal sebagai produsen gitar elektrik, Fender mulai sukses di ranah akustik elektrik berkat Acoustasonic. Kini Fender memunculkan seri baru dengan nama Paramount.

Acoustasonic sendiri sebenernya memang dibuat bukan untuk pasar akustik. Pasalnya memang yang diincer memang pasar gitaris elektrik yang mau main akustik.

Nah lewat seri Paramount ini, Fender emang bener-bener pengen ngambil pasar akustik. Enggak cuma gitar, tapi beberapa instrumen lain.

Seri Paramount ini dibuat dengan bracing patern baru. Selain itu dibuat dengan menggunakan kayu spruce atau mahogany.

Dari segi pickup pun, Fender pakai buatan Fishman. Demikian juga dengan preamp yang akan mereka gunakan.

Terdapat beberapa seri yang dikeluarkan oleh Fender dalam seri Paramount. Nah, berikut ini adalah gitar-gitar dari seri ini.

Paramount PD-220E

Gitar ini dibuat dengan bridge dan fingerboard dari kayu ovangkol. Sementara body terbuat dari mahogany, nut dan saddle dari tulang. Gitar ini berbentuk dreadnought.

Paramount PO-220E

Kalau gitar ini punya bentuk orchestra. Sementara material yang digunakan semuanya sama seperti PD-220E, hanya beda di bentuk.

Paramount PS-220E

Beda dengan dua pendahulunya, gitar ini punya desain parlo. Seluruh material sama dengan model lain, kecuali fretboard-nya hanya punya 14 fret.

Banjo, Mandolin, dan Resonator

Pada seri ini, Fender juga ngeluarin beberapa instrumen lain. Yaitu Paramount PB-180E (Banjo), PM-180E (Mandolin), sama PR-180E (Resonator).

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!