Ikut-ikut Tren, Gibson Bakal Mulai Jual NFT

by Tyo Harsono on Feb 2, 2022

Dalam beberapa bulan terakhir, NFT (Non-Fungible Token) jadi fenomena global. Raksasa gitar dunia,, rupanya enggak mau ketinggalan tren ini.

Sebelum mulai lebih jauh, yuk kita kenali dulu apa itu NFT? Supaya enggak salah kaprah dan hasilnya cuma ikut-ikutan tren aja.

Gampangnya, NFT adalah aset digital yang cuma kamu punya. Sebagian besar NFT ngerekam transaksi yang ada di dalamnya.

NFT sendiri ngewakilin barang, foto, video, musik, atau aset digital apa pun yang kamu. Nah, harga jualnya sendiri tergantung dari empunya NFT.

Bisa dibilang, NFT adalah platform baru untuk media koleksi gitaris. Pekerja kreatif seperti musisi, pelukis, atau aktor/aktris dan atlet cukup diuntungkan sama NFT ini.

Nah, balik lagi ke Gibson. Menurut laporan media-media di Amerika Serikat, Gibson kabarnya bakal ngejadiin gambar-gambar gitar mereka sebagai NFT.

Seenggaknya ada enam gitar yang bakal dijadiin NFT sama Gibson. Rumornya, di antara enam itu ada ES, Les Paul, Flying V, SG, Explorer, dan Thunderbird (bass).

Menariknya, Gibson bukan produsen gitar pertama yang ikut tren NFT. Di akhir 2021 lalu, ESP udah mulai ngejual NFT lebih dulu.

Menurut kabar, mulai 14 Januari lalu, Gibson mulai proses itu. Tapi belum diketahui seberapa batas NFT produk-produk Gibson tersebut.

Ternyata bukan cuma produsen gitar yang mau ikut-ikut tren NFT. Beberapa gitaris juga udah mulai masuk industri itu, kayak Steve Vai sama Keith Richards.

Patut ditunggu, bakal kayak gimana NFT nantinya? Apakah bakal nguntungin industri gitar? Atau malah ngerugiin?

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!