Gitar Akustik Kok Bisa Dicolok? Ini Awal Mulanya!

by Tyo Harsono on Feb 18, 2022

Gitar bukan instrumen musik yang baru, dalam sejarah udah ada sejak ratusan tahun lalu. Tapi, gitar elektrik atau akustik elektrik? Beda cerita!

Sejak 1920an, gitar mulai dipakai di musik populer saat itu, jazz. Tapi ada masalah karena suara gitar seringkali kalah sama instrumen lain.

Salah satu usaha di awal adalah dengan bikin gitar resonator. Gitar itu dibuat dengan body dari metal yang populer di gitaris blues atau bluegrass.

Nah, tapi itu enggak nyelesein semua masalah. Nah, sejak saat itu pengembangan lain mulai dilakukan, termasuk pickup. Nah, gimana ceritanya bisa ada gitar akustik dengan pickup?

Sekarang ini gitar akustik yang punya pickup adalah hal biasa. Tapi, 100 tahun lalu bukan hal umum. Sampai akhirnya Lloyd Loar bereksperimen.

Loar sendiri udah terkenal berkat desainnya, Gibson L-5. Nah, di awal 1930an, Loar ini berpisah dengan Gibson karena ada masalah (bisa baca di sini).

Dia ngebikin ViviTone yang bertujuan untuk ngebuat pickup supaya gitar akustik bisa bersaing dengan suara lain di musik jazz.

Hebatnya, Loar langsung bisa ngebikin pickup yang bisa dicopot pasang. Sayangnya pickup bikinan ViviTone enggak sukses.

Baru di pertengahan 1930an, Harry DeArmond dengan perusahaan DeArmond-nya berhasil ngebikin pickup untuk gitar akustik.

Bahkan, dia berhasil langsung ngeluarin dua varian. Pertama FH/FHC untuk gitar archtop, lalu RH/RHC untuk gitar flattop.

Keberhasilan DeArmond sendiri langsung menginspirasi produsen gitar lain. Mulai dari Rickenbacker sampai Gibson mulai ngeluarin gitar akustik yang punya pickup.

Tapi popularitas gitar akustik dengan pickup baru menanjak sejak 1936. Tepatnya ketika Gibson ngeluarin ES-150 yang populer banget.

Momen itu juga ayang ngebuat Gibson ngerajain pasar gitar sampai Fender ngeluarin Broadcaster di 1950. Apalagi gitaris jazz nomor satu waktu itu, Charlie Christian, pake gitar itu.

Oiya, pickup di Gibson ES-150 ini juga cukup bersejarah. Pickup ini yang nantinya bakal jadi cikal bakal Gibson ngembangin humbucker PAF mereka yang terkenal itu.

Popularitas gitar akustik elektrik sendiri tapi baru mendunia di pertengahan 1960an. Soalnya di 1950an perang antara gitar elektrik merajalela.

Yang bikin gitar akustik elektrik ngetop lagi? Siapa lagi kalo bukan The Beatles. John Lennon punya Gibson J-160E di masa kejayaan The Beatles.

Sejak saat itu produsen lain mulai ngeluarin gitar akustik elektrik. Salah satunya adalah Martin yang ngeluarin D-18E dan D-28E.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!