Mau Bangun Pedalboard Pertamamu? Ini 3 Efek yang Musti Kamu Punya

by Tyo Harsono on Jan 14, 2022

Kamu baru mulai main gitar dan akhirnya punya gitar elektrik pertamamu. Gitar punya, amplifier ada. Apa yang kurang? Pedalboard. Tapi pedal apa aja yang perlu kamu punya?

Kebanyakan gitaris pemula bakal bingung sama pedal apa aja yang harus dipunya. Maklum, banyak banget jenis pedal yang ada.

Banyak juga yang enggak sadar kalau pedal tertentu yang dia beli fungsinya sama semua. Akhirnya karena kurang paham, dia ngisi pedalboardnya pake distortion semua.

Buat yang enggak sadar, akhirnya malah ngabis-ngabisin uang buat beli pedal yang dia enggak perlu. Misalnya pedal wah, jarang dipake tapi wajib ada hahaha.

Ya enggak salah juga sih kalo kamu punya pedalboard yang isinya banyak pedal dirt. Yang paling penting kamu tahu fungsi masing-masing sesuai kebutuhan lagunya.

Oiya, di luar tiga pedal yang bakal kita sebutin, ada satu pedal yang enggak kalah penting. Apa itu? Tuner. Kenapa kita perlu tuner?

Pastinya, kamu enggak mau suara nyetemmu kedengeran di atas panggung kan? Kalau pakai pedal tuner, hampir semua ada fungsi untuk nge-mute suara, jadi suara gitarmu waktu lagi nyetem enggak kedengeran. Selain itu sejago apa pun kamu, kalo gitarmu fals, enggak enak didenger.

Nah, setelah tuner, ada tiga pedal yang penting ada di pedalboard awalmu. Kalo kamu mau nambah-nambah lagi di luar ini sih, enggak papa.

Tapi buat awal? Ini tiga pedal yang wajib ada di pedalboardmu!

Dirt Pedal

Sebenernya ada tiga jenis dirt pedal, yaitu overdrive, distortion, sama fuzz. Nah, mana yang tepat untukmu? Apa bedanya. Tenang, itu bisa dibaca di sini.

Kenaapa kamu perlu dirt pedal? Jadi gini, dirt pedal ini awalnya dibuat untuk niruin suara ampli yang volume-nya kekencengan sampe ngehasilin suara 'kotor' atau distorsi.

Nah dengan punya dirt pedal, kamu enggak perlu ngebangunin tetangga untuk dapetin suara itu. Bisa dibilang, ini pedal esensial pertama.

Modulation Pedal

Hampir semua gitaris ngetop punya modulation di rig mereka. Kenapa? Efek ini bisa ngasih variasi sound dan nuansa yang beda di lagu.

Jenis dari efek modulation ini ada macem-macem. Yang paling banyak dipake gitaris top adalah chorus. Tapi ada juga jenis lain kayak phaser, whammy pedal, sama flanger.

Hasil dari modulasi sinyal ini nanti bakal ngubah karakter suara gitarmu. Contoh lagu yang identik pakai modulation adalah lead guitar Tom Morello di lagu Like A Stone-nya Audioslave.

Time-based Pedal

Ada dua jenis time-based pedal yang beredar di pasaran, reverb dan delay. Sebenernya penting untuk punya dua pedal ini di pedalboard.

Tapi untuk pemula, satu dulu gak papa sih. Nah, biar gampang milihnya, sebenernya perlu tahu bedanya delay sama reverb, tapi bakal panjang banget dan jadi artikel sendiri.

Intinya gini, reverb bisa ngasih tekstur ke suara gitarmu dan biasa dipake di berbagai genre. Nah, tapi di musik modern, suara reverb hampir pasti kepake.

Nah, kalo delay atau echo lebih kayak suara gitarmu, tapi ada sinyal lain yang agak lambat. Nah ini yang ngehasilin ruang di suara gitarmu. Contoh lagu yang identik pakai delay itu Sweet Disposition-nya Temper Trap.