Kenapa Popularitas Bass Short Scale Meningkat Akhir-akhir Ini?

by Tyo Harsono on Jan 28, 2022

Bagi pemain bass, ada beberapa tren yang mulai terasa beberapa tahun belakangan. Sejak pertengahan 2015, popularitas bass short scale semakin menanjak.

Sebelumnya, yuk pahami lebih dulu apa itu definisi bass short scale. Jadi begini, sejak Fender mengenalkan Precision pada 1950an, standar bass elektrik punya scale lenght 34 inchi.

Standar itu yang awalnya diikuti sama produsen bass lain. Sampai akhirnya muncul bass-bass buatan Gibson, Hofner, atau Danelectro.

Bass-bass ini punya scale length yang lebih pendek. Biasanya antara 30 sampai 31 inchi. Fender sendiri ikut ngeluarin bass ini, lewat Musicmaster dan Mustang-nya.

Bass short scale menggapai puncak popularitas di dekade 1960an. Waktu itu banyak bassist top yang pakai bass short scale kayak Paul McCartney dengan Hofner 500/1-nya.

Selain itu, beberapa bassist lain yang pakai Gibson EB-0, Gibson EB-3, atau Fender Mustang Bass. Contohnya Jack Bruce (Cream) atau Bill Wyman (Rolling Stones).

Sempet lama tenggelam, popularitas short scale mulai bangkit di era 2010an awal. Mulai banyak bassist yang pakai bass short scale lagi.

Semua berawal dari bassist My Chemical Romance, Mikey Way. Mikey di endorse oleh Squier dan menggunakan Mustang bass pada akhir dekade 2000an.

Kemudian nama-nama top macam Mike Kerr dan Justin Meldal-Johnson juga memakai bass short scale. Belum lagi otak di balik Tame Impala, Kevin Parker, pakai Hofner untuk rekaman. Hasilnya, popularitasnya pun meningkat.

Selain karena beberapa musisi memakainya, bass short scale populer karena beberapa alasan lain. Pertama tentu ukurannya yang enggak terlalu besar.

Hal itu ngebikin bassist baru jadi nyaman dan enggak terintimidasi sama panjang neck bass. Selain itu, pemain gitar yang butuh bass juga lebih gampang adaptasi.

Keuntungan lain tentunya berat yang lebih ringan. Kalau kamu beraksi di atas panggung selama berjam-jam, berat bass bakal ngaruh banget.

Selain itu, bass short scale juga bakal lebih gampang untuk dibawa bepergian. Lagi-lagi hal itu karena ukurannya yang lebih kecil.

Saking populernya bass short scale dalam beberapa tahun terakhir, pabrikan besar pun ngeluarin produk itu. Contohnya Music Man yang tiba-tiba keluarin bass StingRay short scale.

Atau Fender dengan varian baru Mustang bass-nya. Beberapa tahun lalu Fender ngeluarin Mustang bass dengan konfigurasi P/J dengan alasan versatility.