Ini 5 Pedal Kecil yang Punya Kemampuan Luar Biasa

by Tyo Harsono on Jan 24, 2022

Banyak anggapan kalau pedal yang bagus harus punya ukuran besar. Nyatanya? Enggak juga. Banyak pedal kecil yang sekarang juga punya kualitas bagus.

Beberapa tahun terakhir pedal mini banyak muncul. Ternyata kemunculannya menjawab keinginan banyak gitaris yang pengen simple, pake pedal board ukuran lebih kecil, lebih gampang buat dibawa.

Pada era yang serba praktis seperti sekarang, rasanya ukuran pedal bisa menjadi pengaruh untuk membelinya. Apalagi kalau kamu gitaris yang sering bepergian.

Hasilnya, pedal gitar pun mulai mengecil. Hal itu demi memudahkan gitaris yang ingin menambah efek di rig-nya, tapi kehabisan tempat.

Pedal-pedal kecil ini juga bisa dipakai untuk membuat pedalboard yang enggak terlalu besar. Hal itu akhirnya bisa membuatmu enggak perlu bawa pedalboard yang berat.

Meski awalnya pedal kecil ini dibuat oleh produsen-produsen dengan harga miring, lama kelamaan produsen besar pun mulai mengeluarkannya.

Nah, apa aja sih pedal kecil yang punya kemampuan luar biasa? Simak lima di antaranya ini ya!

Wampler Tumnus

Ada dua masalah dari Klon Centaur, pertama ukurannya sangat besar. Lalu, harga dari pedal ini juga sangat mahal. Tenang, Wampler Tumnus nyelesein dua masalah ini.

Wampler Tumnus dibuat untuk nge-copy suara dari Klon Centaur. Dengan ukuran mininya, kamu enggak perlu pedalboard gede untuk dapetin suara Klon Centaur.

Pedal ini cukup sederhana dan bisa kamu pakai di berbagai pedalboard. Cuma ada satu footswitch sama tiga knob di sana, yaitu gain, treble, sama volume. 

TC Electronic Hall of Fame Mini 2

Awalnya TC Electronic ngeluarin Hall of Fame sebelum disusul Hall of Fame 2. Selain itu mereka juga ngeluarin Hall of Fame Mini.

Sayangnya Hall of Fame Mini ini cuma punya satu knob. Nah, demi maksimalin produknya itu, TC Electronic pun ngeluarin Hall of Fame Mini 2.

Hall of Fame 2 punya tiga knob, decay, tone, sama level. Nah, kerennya pedal ini, dengan teknologi TonePrint sama Mash dari TC Electronic, kamu bisa punya banyak suara berbeda.

Oiya, pedal ini juga sering dipakai banyak musisi top loh. Kalau untuk contoh suaranya, bisa cek di sini.

JHS Tidewater Tremolo

Berawal dari hobi Josh Scott, JHS Pedal jadi salah satu pengrajin pedal paling top di dunia saat ini. Salah satu pedal yang cukup jadi perhatian, JHS Tidewater Tremolo.

Buat kamu yang suka suara tremolo dari ampli Fender Blackface atau Vox Tremolo, mungkin JHS Tidewater bisa jadi alternatif.

JHS Tidewater sendiri punya kontrol yang enggak terlalu ribet. Cuma ada tiga knob untuk ngatur volume, speed, sama mix.

MXR Timmy Overdrive

Paul Cochrane Timmy Overdrive adalah salah satu pedal overdrive paling legendaris. Nah, sekarang Cochrane kerja sama sama MXR untuk bikin versi mininya.

Dibanding pedal-pedal lain yang ada di daftar ini, MXR Timmy bisa dibilang punya kontrol paling ribet. Standar, ada knob volume.

Nah, selain itu ada juga knob untuk ngatur bass, treble, sama gain. Selain itu ada mini switch untuk ngatur clipping dari pedal ini

Xotic EP Booster

Xotic EP Booster bisa dibilang adalah salah satu pedal booster paling bagus di pasaran saat ini. Soal kualitasnya, enggak perlu ditanyain lagi.

Kecil-kecil cabe rawit, selain punya suara mumpuni, pedal ini juga dibekalin sama build quality yang jempolan. Xotic EP Booster termasuk berat untuk ukurannya yang kecil.

Banyak yang bilang pedal yang berat tandanya bagus. Xotic EP Booster yang punya berat cukup menonjol dibanding pedal seukurannya, punya kualitas bagus.