Yuk Kenalan Sama Amplifier dan Apa Aja yang Perlu Kamu Tahu!

by Tyo Harsono on Dec 13, 2021

Jaman sekarang main gitar elektrik emang gak harus pake ampli. Tapi sebagian besar dari kita pasti punya ampli atau minimal pernah cobainlah ya.
Untuk menghasilkan sebuah suara, amplifier mempunyai beberapa bagian yang sangat penting,nah sebagai permulaan ada baiknya kita mengenal bagian dari amplifier. Ini penting sebelum kalian mulai beralih ke virtual amp atau digital amp.

Kira-kira bagian apa aja yang perlu kita ketahui?

Bagian Ampli

Preamp

Ini bagian utama dari ampli gitar. Tugasnya adalah untuk ngolah sinyal awal dari gitar yang masuk ke ampli. Intinya, untuk membentuk karakter/tone suara.

Makanya ada pengaturan kayak bass, treble, mid, bass, sama volume. Dalam kasus beberapa ampli ada juga pengaturan gain, overdrive, efek, atau reverb.

Nah, ini makanya bagian dari preamp ini penting untuk kita pelajari waktu milih ampli. Supaya enggak salah pilih karakter ampli.

Power Amp

Dari situ ada yang namanya power amp. Nah, tugasnya untuk ngeproses sinyal yang udah diproses di preamp tersebut.

Nah, sinyal itu nanti bakal dikuatin sama power amp. Jadi si power amp itu yang bakal nerusin sinyal itu untuk diproses ke output.

Speaker

Bagian lain yang enggak kalah penting dari ampli adalah speaker. Untuk ukurannya sendiri ada macem-macem, mulai dari yang kecil kayak 4 inch sampai 12 inch.

Speaker sendiri ada yang desainnya beda, open back (bagian belakang kebuka) sama closed back (bagian belakang ketutup).

Kedua jenis desain itu sendiri punya perbedaan dan keunggulan masing-masing. Intinya, open back ngehasilin suara yang natural, sementara closed back karakter suaranya lebih terstruktur.

Jenis Ampli

Head + Cabinet

Ampli sendiri dibagi dua jenis, yang pertama head dan cabinet. Ini maksudnya adalah bagian dari ampli yang ada sekarang.

Head sendiri maksudnya adalah bagian dari amplinya sendiri. Biasanya udah ada preamp dan power amp dari ampli itu.

Sementara itu, cabinet sendiri bagian dari speakernya. Makanya kalau beli ampli jenis ini, musti satu paket ya!

Combo

Nah, kalau combo sendiri ampli yang semua bagiannya udah jadi satu. Jadi preamp, power amp, sama cabinet-nya udah ada.

Nah, biasanya untuk ampli di rumah, jenis combo ini lebih disukain. Kenapa? Karena lebih praktis dan enggak ribet sama makan banyak tempat.

Tipe Ampli

Solid State

Ampli jenis ini enggak punya tabung atau tube di bagian power amp-nya. Ampli jenis ini cuma ngandelin komponen elektronik kayak transistor untuk ngehasilin suaranya.

Biasanya ampli jenis ngeluarin suara dari komponen yang sama kayak pedal gitar. Nah, ampli jenis ini biasanya bagus banget untuk ruangan kecil.

Tubes

Kalau ampli jenis ini, ada tabung untuk seluruh bagian ampli-nya. Preamp sama power amp-nya pakai tabung dengan ukuran berbeda.

Biasanya tabung preamp lebih kecil ketimbang tabung di power amp. Ampli jenis ini biasanya bagus untuk di lokasi outdoor.

Hybrid

Ampli jenis ini menggabungkan dua teknologi yang ada untuk preamp dan power amp. Biasanya mereka pakai teknologi tabung untuk bagian preamp terus solid state untuk power amp.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!