Seth Lover vs Ray Butts, Siapa Lebih Dulu Nemuin Humbucker?

by Tyo Harsono on Dec 31, 2021

Kalo ditanya siapa penemu humbucker, banyak yang jawab Seth E. Lover. Tapi enggak banyak yang tahu soal Ray Butts. Nah, siapa sih doi?

Pertama-tama, yuk kenalan sama Seth Lover dulu. Dari kecil Lover udah suka sama alat-alat elektronik sampe akhirnya bikin jasa reparasi abis Perang Dunia I.

Mulai 1940an, Lover kerja di Gibson sebelum gabung ikut perang di Perang Dunia II. Habis perang usai, dia balik lagi ke Gibson sebelum pindah ke Fender.

Lover terkenal sebagai 'bapaknya' humbucker. Dia berhasil ngebikin humbucker jenis PAF (patent applied for) untuk Gibson sama Wide Range untuk Fender.

PAF bikinan Lover dibikin untuk ngatasin masalah 60-cycle hum dari pickup single coil atau P90. Akhirnya humbucker itu dipake untuk Gibson Les Paul.

Nah, terus siapa penemu satu lagi, Ray Butts? Kalau Lover kerja untuk Gibson, Butts sempet kerja sama sama Gretsch di dekade 1950an.

Kebetulan Butts punya kedekatan sama gitaris-gitaris ternama kayak Scotty Moore (gitaris Elvis Presley) dan Chet Atkins. Ini awal mula dia kerja sama sama Gretsch.

Waktu itu Atkins mau bikin gitar sama Gretsch. Tapi ada masalah sama pickup yang mereka pakai karena single coil. Atkins pun ngerekomendasiin nama Butts.

Butts ngelakuin eksperimen dengan ngegabungin dua pickup single coil. Dari situ lahirlah humbucker yang dikasih nama Gretsch Filter'Tron.

Dari sini, sebenernya mulai muncul perdebatan soal siapa yang lebih dulu bikin humbucker. Apakah Gibson (dengan PAF-nya Lover) atau Gretsch (dengan Filter'Tron-nya Butts).

Supaya enggak hoax, yuk simak faktanya. Berdasarkan catatan sejarah, Gibson dan Lover mulai ngembangin PAF di pertengahan 1950an, disinyalir di 1955.

Lover sendiri langsung ngajuin paten untuk PAF. Sayangnya paten itu baru disetujuin sama pihak legal di Amerika Serikat empat tahun berselang, tepatnya 1959.

Di sisi lain, kerja sama Atkins, Butts, sama Gretsch udah dimulai sejak awal dekade 1950an. Paling enggak, Butts udah mulai ngembangin humbucker dari 1954.

Awanya Filter'Tron ini dibuat dengan tangan. Baru di 1957 humbucker itu dibuat secara masal untuk gitar-gitar Gretsch lain juga.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!