Pengen Rekaman Sendiri di Rumah? Ini Yg Harus Kamu Punya!

by Tyo Harsono on Dec 6, 2021

Rekaman jaman sekarang udah enggak kayak dulu. Harus sewa studio beberapa shift, main harus udah lancar supaya gak kehabisan jam dan nambah shift lagi. Sekarang rekaman udah bisa dilakuin sendiri di rumah.

Banyak yang ngira kalau rekaman sendiri dirumah perlu budget yang lumayan mahal. Padahal sebenernya nggak juga, sekarang ada banyak pilihan alat yang harganya bisa kita sesuain sama budget.

Bahkan, kamu juga bisa kok beli nyicil. Nah, masalahnya, kadang kamu enggak tahu apa aja yang harus dibeli, mana aja yang penting. Hasilnya? Kadang perintilan yang enggak terlalu penting ikut kebeli deh.

Padahal sebenernya ya enggak perlu banyak-banyak juga.  Nah, di sini kita bakal ngasih tahu apa aja sih yang perlu dibeli awal-awal kamu mau mulai coba-coba rekaman sendiri.

Oke, pertama-tama yang harus kamu punya tentu perangkat elektronik yang bisa ngolah data. Kamu bisa pakai PC, laptop, tablet, bahkan smartphone! Terus di perangkat itu kamu harus udah punya DAW (Digital Audio Workstation).

Oke, katakan kamu udah punya smartphone yang ada DAW-nya. Terus, apa lagi yang perlu kamu punya? Tenang, berikut ini adalah daftarnya!

Audio Interface

Jadi, apa sih audio interface? Penjelasan singkatnya, audio interface adalah perangkat elektronik yang menghubungkan gitar/bass/microphone-mu ke DAW yang kamu punya.

Nah, harga audio interface ini bermacam-macam. Ada yang mulai dari satu jutaan, sampai yang mencapai puluhan juta.

Tapi, hey, kamu pemula! Kamu baru mau belajar rekaman sendiri di rumah. Enggak perlu mahal-mahal, audio interface semacam Behringer sudah cukup untuk keperluanmu kok!

Microphone

Banyak yang bilang, kamu perlu beberapa jenis microphone untuk rekaman. Tapi inget lagi, kamu baru mau mulai belajar, enggak perlu lah banyak-banyak.

Secara umum, sebenarnya ada dua jenis microphone yang dianjurkan untuk kamu punya. Yaitu dynamic untuk nodong ampli dan condenser yang umumnya untuk vokal.

Toh, instrumen kamu bisa direct ke audio interface dan cari plug-in efek gratisan.

Headphone/Studio Monitor

Idealnya, kamu punya headphone maupun studio monitor. Nah, lagi-lagi untuk menghemat budget, kamu bisa pilih salah satu aja, enggak perlu dua-duanya.

Kalau kamu tinggal di daerah perumahan yang cukup padat atau apartemen, headphone adalah pilihan yang paling masuk akal. Selain itu, dari segi harga pun headphone lebih ekonomis.

Stand Microphone

Kalau ini, kamu butuh untuk menjaga microphone yang kamu pakai. Toh, enggak mungkin kan kamu bertaruh menaruh microphone dengan harapan enggak jatuh?

Harga stand microphone juga cukup beragam. Untuk awal, kamu bisa membeli yang harganya masih terjangkau tapi cukup kokoh.

Pop Filters

Sebenernya apa sih pop filter? Kita sering ngelihat, tapi enggak tahu itu sebenernya apaan. Kalau belum ngeh, pop filter itu yang bentuknya kayak ada jaring-jaringnya itu loh.

Sebenernya, pop filter bukan keharusan untuk kamu punya. Tapi, kalau kamu mau rekaman suaramu jernih, enggak ada salahnya kamu punya di studio rumahmu.

Kabel XLR

Ini sebenernya sama kayak pop filter, barang yang opsional. Kalau kamu udah dapet ini pas beli microphone, bagus. Kalau enggak? Kamu wajib punya kabel XLR!!

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!