Pedal-pedal yang Punya Harga Mahal, Nomor 5 Bisa Beli Mobil Bekas!

by Tyo Harsono on Dec 3, 2021

Beberapa waktu lalu kita pernah ngebahas gitar paling mahal. Kali ini yuk, beralih sedikit ke pedal. Bedanya, kali ini kita bakal ngebahas pedal yang rata-rata harganya mahal, bahkan sampai ada yang bisa beli mobil bekas!

Pedal seringkali jadi barang yang jadi perdebatan. Maklum, ada yang harganya mahal banget, ada juga yang murahnya ampun-ampunan.

Enggak terkecuali pedal-pedal yang bakal kita bahas kali ini. Oiya, di daftar ini enggak bakal ada pedal multi effect modelan Line 6 Helix atau Kemper ya.

Maksudnya, pedal-pedal itu kan memang bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Nah bahasan kita kali ini lebih ke pedal yang sebenernya enggak perlu harga semahal itu dan cuma bisa ngeluarin 1-2 suara.

(Bahasan soal Line 6 Helix dan Kemper, kalau banyak yang tertarik, boleh sih kita bikin)

Pedal-pedal ini punya berbagai alasan bisa punya harga mahal. Mulai dari kelangkaannya, sampai suaranya yang bagus. Ada juga yang karena rilisan terbatas.

Nah apa aja pedal yang punya harga mahal ini? Simak daftarnya!

1. Boss TB-2w


Ini yang paling baru, Boss TB-2w. Produk hasil kolaborasi antara Boss sama Sola Sound. TB sendiri singkatan dari Tone Bender dan w-nya kode untuk Waza Craft.

Tone Bender sendiri salah satu gitar legendaris. Boss TB-2w ini sendiri bener-bener ngikutin sirkuit pedal legendaris itu. Selain itu, pedal ini dirilis terbatas.

Sejauh pantauan kami, Boss TB-2w dijual dengan harga 700 dolar (Rp 10jt) sampai 1500 dolar (Rp 21jt). Faktor keterbatasan yang bikin harganya mahal.

2. Lovetone Ring Stinger


Lovetone terkenal sering bikin pedal yang aneh-aneh. Termasuk di antaranya Ring Stinger ini. Contoh lain kayak Big Cheese sama Wobulator.

Ring Stinger ini punya suara yang cukup unik. Pedal ini adalah ring modulator distortion yang enggak banyak di pasaran. Bisa dibilang gabungan antara ring modulator, analog synthesizer, sama octave fuzz jadi satu.

Nah, sama kayak nomor satu, pedal ini juga punya harga sekitar 1500 dolar (Rp 21jt). Cuma di era sekarang, sebenernya udah banyak pedal sejenis yang punya harga lebih murah.

3. Electro-Harmonix Deluxe Memory Man Tap Tempo


Memory Man bikinan Electro Harmonic (EHX) adalah salah satu pedal yang sering dipake. Nah, rupanya ada satu seri yang cukup mahal.

Gilanya seri yang dimaksud, Deluxe Memory Man Tap Tempo, punya harga sekitar 1000 dolar (Rp 14jt). Hal itu karena pedal ini pake salah satu chip yang cukup langka, Panasonic MN3005.

Sayangnya sebenernya Deluxe Memory Man yang baru malah punya harga lebih murah. Diperkirakan harga EHX DMM yang baru saat ini sekitar Rp 5jt-an.

4. Ampeg Scrambler Fuzz


Sebenernya Ampeg sekarang lebih akrab sama ampli untuk bass. Tapi, rupanya salah satu pedal paling mahal saat ini justru dibikin sama mereka!

Pedal yang dimaksud adalah Ampeg Scrambler Fuzz. Pedal ini dibikin pada 1968 dan bisa ngehasilin suara mirip kayak robot, yang susah dicari kala itu.

Sayangnya sekarang pedal octave fuzz ini punya harga cukup mahal. Berdasarkan pantauan saat ini, harganya sekitar 2000 dolar (Rp 28jt).

5. Klon Centaur


Dengan harga sekitar 3000 dolar (Rp 43jt) sampai 6000 dolar (Rp 86jt), kamu bisa beli berbagai macam barang. Mulai dari motor balap, sampai mobil bekas, bahkan DP rumah.

Nah, pedal overdrive ini harganya segitu! Sirkuit yang sempet dirahasiain sampe jumlahnya yang enggak banyak bikin pedal ini seharga itu. Padahal sekarang udah banyak copy-nya yang punya harga jauh di bawah itu.

Yang bikin harga Klon cukup mahal sebenernya cuma karena hype doang. Bahkan pembuatnya, Bill Finnegan, sempet ngerasa kesel dengan harga Klon yang enggak masuk akal ini.

 Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!