Kepikiran Mau Berenti Main Gitar? Coba Dulu Lakuin 3 Hal Ini!

by Tyo Harsono on Dec 24, 2021

Belajar gitar gampang? Kata siapa. Udah kerasa susahnya? Mau berenti? Inget, Jimi Hendrix enggak belajar dalam satu malem!

Menurut situs resmi Fender, penelitian di Amerika Serikat ngebuktiin 90 persen pemain gitar berenti belajar. Bahkan, mereka cuma butuh tiga bulan untuk nyerah!

Apa kamu satu di antaranya? Atau udah ada kepikiran untuk ke sana? Sayang tahu. Namanya belajar emang enggak gampang soalnya.

Lagian kan kita ngeliat gitaris jago pas udah ngetop sekarang. Enggak mungkin juga mereka ujug-ujug jago kalo enggak latihan, iya enggak sih?

Gitar itu permainan syaraf, sama kayak olahraga. Buat dapet muscle memory yang bener, butuh waktu yang lama, enggak cukup sehari dua hari, sebulan dua bulan.

Contohnya, atlet macem Cristiano Ronaldo, LeBron James, Conor McGregor sekarang terkenal di bidangnya masing-masing. Apa kesamaan mereka? Latihan gila-gilaan.

Nah salah satu yang dibutuhin buat bisa main gitar ini juga muscle memory tadi. Ngelatih syaraf di telinga, syaraf di tangan, dll butuh waktu loh.

Itu juga yang kadang jadi alesan kalo kamu lihat orang yang udah lama enggak main gitar terus main lagi, kayak tahu-tahu jago aja. Bisa aja muscle memory dia udah kebentuk.

Kami punya beberapa tips supaya kamu enggak jadi berenti belajar main gitar. Apa aja? Simak tips Smosyu di bawah ini!

Pasang Target Realistis

Aneh rasanya kalau kamu baru belajar dan langsung pengen bisa main gitar solo yang rumit. Tenang, selangkah demi selangkah.

Daripada pasang target "bisa main ala Jimi Hendrix dalam seminggu" sebaiknya kamu pasang target yang lebih masuk akal. Misalnya, nambah satu chord, nambah satu scale, atau nambah satu lagu per minggu.

Bikin Sistem Self-Reward

Enggak perlu beli gitar baru untuk ngasih self-reward. Ada beberapa self-reward yang bisa kamu kasih bahkan tanpa perlu keluar uang sama sekali.

Misalnya dari hal kecil "enggak mau post di sosmed sampai bisa teknik A". Atau "kalau udah bisa scale A beli senar baru. Bisa juga "beli gitar baru kalau udah bisa main lagu A".

Jadwal Rutin

Kebanyakan gitaris pemula enggak punya jadwal rutin. Alias, mereka sering main suka-suka. Hal ini yang kadang bikin kita enggak bisa ngukur progres diri sendiri.

Jadwal itu enggak perlu misal tujuh jam sehari, atau lima jam sehari. Bisa juga mulai dari 30 menit per hari, terus naik seiring waktu.

 Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!