Ini Daftar Instrumen Unik Keluaran Squier!

by Tyo Harsono on Dec 20, 2021

Selama ini Squier identik sama copy dari produk-produk Fender. Walau sebenernya juga copy dari produk Fender, ada beberapa loh, instrumen keluaran Squier yang bentuknya unik!

Squier sendiri terkenal sering ngeluarin gitar yang harganya masih terjangkau. Enggak jarang, Fender ngejadiin Squier sebagai alat uji coba mereka.

Maksudnya gimana? Misal nih mereka sempet ngeluarin gitar baru, terus enggak laku. Eh tiba-tiba hype lagi karena ada musisi top yang make (iya, kayak Jaguar sama Mustang.

Nah biasanya Fender enggak bakal ngeluarin langsung di brand mereka. Sebagai ajang uji coba, Fender bakal ngeluarin dulu versi Squier-nya.

Tapi bukan berarti enggak ada gitar unik di line up Squier saat ini. Enggak, di sini nggak bakal ada Paranormal series (karena itu memang seri gitar-gitar nyeleneh).

Ada beberapa gitar Squier yang bagian dari seri reguler dan punya bentuk unik. Apa aja? Enggak perlu ditunggu lagi, ini daftar-daftarnya!

Starcaster

Di 1976, Starcaster sempet jadi gitar baru Fender pertama dalam tiga tahun. Sayangnya waktu itu Starcaster enggak terlalu populer.

Popularitas Starcaster sendiri sempet naik di 1990an lewat Jonny Greenwood-nya Radiohead. Fender baru berani ngeluarin lagi di 2013 lewat seri Modern Player mereka.

Sekarang giliran Squier yang ngeluarin seri Starcaster. Enggak tanggung-tanggung, ada tiga seri sekaligus yang mereka rilis, Affinity, Contemporary, sama Classic Vibe.

Bass VI

Jack Bruce, George Harrison, John Lennon, ngejadiin ini sebagai bass utama mereka. Sayangnya instrumen eksperimental ini enggak terlalu laku.

Sama kayak Starcaster, Bass VI yang dirilis 1960an baru populer di 1980an. Gara-garanya ya vokalis The Cure, Robert Smith, yang sering pake gitar/bass itu.

Di awal 2010an Fender sempet nge-reissue di bawah seri Pawn Shop. Abis itu Bass VI cuma ada di Squier, sebelumnya di seri Vintage Modified, sekarang Classic Vibe.

Contemporary Stratocaster HS

Stratocaster sih bukan gitar yang jarang. Strat yang punya spesifikasi HSS sendiri bukan hal yang aneh. Gitu juga Strat HH.

Nah, di seri Contemporary ada yang unik nih. Lupain contemporary HH, ada seri Squier Contemporary HS yang enggak terlalu lazim di Strat.

Gitar ini punya humbucker di pickup bridge dan single coil di pickup neck. Biasanya konfigurasi kayak gini cuma kamu temuin di Mustang.

Telecaster Thinline HH

Kebanyakan Telecaster Thinline yang beredar saat ini punya konfigurasi dual single coil kayak Tele biasa. Padahal gitar jenis ini punya dua jenis konfigurasi.

Selain SS, zaman dulu sempet ada Telecaster Thinline HH. Gitar itu dibikin sebagai jawaban Fender atas ES-335 nya Gibson (selengkapnya baca di sini).

Nah, di line up Fender sekarang yang ada cuma Telecaster Thinline SS. Hebatnya, justru di Squier ada Telecaster Thinline HH, tepatnya seri Classic Vibe 70's.

Affinity Stratocaster FMT HSS

Affinity adalah seri paling rendah kedua Squier setelah Bullet. Padahal ada juga gitar keren di seri itu yang punya kualitas mumpuni.

Termasuk di antaranya ya Affinity Stratocaster FMT HSS ini. Kenapa? Karena gitar ini punya flame maple top di bagian atasnya.

Enggak biasa gitar dengan seri terendah dan harga yang enggak terlalu mahal, punya fitur kayak gini. Oiya seperti di namanya, konfigurasi gitar ini HSS.

 Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!