Bangkrut Jualan Gitar, Teisco Banting Setir Bikin Pedal

by Tyo Harsono on Dec 8, 2021

Beberapa tahun belakangan, kamu pasti sering ngelihat pedal keren yang ada tulisan dengan aksara Jepang-nya bermerk Teisco, kan? Tapi tahu enggak sih kamu? Dulunya Teisco adalah produsen gitar!

Teisco udah berdiri sejak 1946. Waktu itu, mereka ngejual ngebikin gitar akustik yang nge-copy gitar-gitar bikinan Amerika Serikat atau Eropa.

Produk yang sering mereka ikutin design-nya antara lain Hagstrom sama Eko. Baru mulai dekade 1950an akhir mereka ngeluarin gitar elektrik.

Produk Teisco sendiri mulai kelihatan punya ciri khas sejak awal dekade 1960an. Selain gitar, mereka juga ngeproduksi baritone gitar, bass, amplifier, drum, synthesizer, sama PA system.

PA system Teisco sendiri cukup ternama di dekade 1960an. Bahkan, The Beatles pernah memakai produk mereka waktu konser di Tokyo pada 1966.

Sayangnya Teisco harus gulung tikar pada 1967. Mereka cuma memproduksi keyboard elektrik sampai 1980an. Setelah itu? Teisco mati suri.

Itu pun bukan di bawah kendali mereka sendiri. Jadi Teisco sempat diakuisisi sama Kawai dan jadi produsen keyboard elektronik mereka.

Lama enggak ada kabar, Teisco bangkit dari mati suri di 2018. Bedanya, enggak lagi memproduksi gitar, mereka sekarang jadi produsen pedal.

Ini sama aja kayak misalnya Fender atau Gibson tiba-tiba bangkrut. Terus sekitar 20 tahun kemudian mereka muncul tapi enggak jualan gitar lagi.

Salah satu petinggi Teisco sempet bilang, produk mereka memang enggak fokus di gitar juga. Walau memang dia juga ngakuin kalau Teisco dulu terkenal dengan gitar-gitar uniknya.

"Gitar unik kami sebenarnya yang mendefinisikan Teisco. Sekarang, kami muncul dengan pedal-pedal yang diharap bisa jadi andalan gitaris," kata petinggi Teisco, Lauren.

"Kami masih membawa apa yang membuat Teisco unik dari dekade silam. Sekarang kami mengaplikasikannya dalam produk saat ini," lanjutnya.

Ada beberapa pedal Teisco yang beredar di pasaran saat ini. Termasuk di antaranya overdrive mereka yang berjenis soft clipping.

Terus ada delay yang mirip kayak Boss DL-2. Ada sirkuit modulation di sini, jadi kamu bisa bikin suara yang bener-bener simple sampai gila-gilaan.

Pedal lain yang menarik distortion mereka. Menariknya, distortion Teisco juga punya switch untuk boost yang cukup terpisah. Uniknya, di bagian boost cuma ada satu knob.

Selain itu Teisco juga memproduksi boost dan fuzz. Satu lagi yang unik, pedal interface. Pedal interface Teisco ini bisa dipakai untuk ngerekam sesuatu loh!

Jadi gimana, udah siap untuk nyoba pedal buatan Teisco?

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!