Menanti Inovasi Fender di Masa Depan, Apa Lagi yang Mereka Tawarkan?

by Tyo Harsono on Nov 12, 2021

Dekade 1950 sampai 1960an menjadi masa jaya Fender. Saat itu Leo Fender membuat berbagai inovasi di dunia gitar yang tak bisa ditandingi.

Awal dekade 1950an, dua gitar ikonik mereka rilis, Telecaster dan Stratocaster. Kemudian muncul juga bass elektrik Precision.

Pada akhir 1950an dan awal 1960an, inovasi baru dihadirkan lewat Jazzmaster dan Jaguar. Dari segi bass, muncul Jazz Bass.

Menariknya, pada awal inovasi Fender merasa teknologi baru dibuat untuk menggantikan yang lama. Hasilnya produksi Telecaster dan Precision sempat hampir dihentikan.

Beruntung, rencana itu tidak jadi diwujudkan. Fender memproduksi semua gitarnya meski sudah mengeluarkan inovasi anyar.

Sayangnya sejak saat itu praktis tidak ada inovasi baru dari Fender. Gitar model Musicmaster, Duo-Sonic, atau Mustang bukanlah inovasi baru, mereka awalnya gitar untuk pemula.

Fender hanya mengandalkan kejayaan masa lalu. Misalnya membuat Stratocaster HSS atau Telecaster Thinline, yang lagi-lagi mengandalkan gitar ikonik mereka.

Memang sempat ada Coronado dan Starcaster, tetapi umurnya tidak panjang. Pun demikian dengan Jagstang atau Jagmaster.

Dalam satu dekade terakhir, Fender memang mulai melakukan beberapa eksperimen. Misalnya dengan seri Pawn Shop, Blacktop, Alternate Universe, sampai Paranormal.

Menarik ke belakang sedikit, sejatinya di akhir 1969 Fender sempat membuat beberapa inovasi. Contohnya dengan mengeluarkan Swinger dan Maverick.

Sayangnya kedua gitar itu tidak mendapat sambutan yang baik. Namun, sebenarnya Fender bisa belajar dari pembuatan kedua gitar itu.

Baik Swinger maupun Maverick dibuat menggunakan bahan tak terpakai dari gitar-gitar Fender. Dari situ sebenarnya mereka bisa belajar untuk menciptakan sesuatu dari bahan tak terpakai.

Akhirnya, Fender beberapa kali menjadikan Squier sebagai tikus uji coba untuk membuat gitar baru. Mereka merilis gitar baru di bawah produk Squier, dan melihat minat pasar.

Beberapa kali strategi itu cukup berhasil. Beberapa contohnya adalah Dimension bass, Super-Sonic, Jagmaster, '51, dan Cabronita.

Setelah sukses bersama Squier, Fender merilis produk-produk itu. Entah dalam seri reguler (Dimension dan Jaguar bass) atau spesial (Alternate Reality, Parallel Universe, atau Pawn Shop).

Beberapa model Fender juga sempat bangkit melalui rilisan Squier. Seperti di antaranya Mustang atau Starcaster.

Dengan fasilitas yang ada saat ini, Fender sejatinya bisa melakukan mix & match produk mereka. Hasilnya ya seperti kita semua lihat dalam seri Parallel Universe dan Alternate Reality.

Dengan berbagai perkembangan yang mereka buat saat ini, rasanya tinggal menunggu waktu sampai ada gitar baru yang bisa menyamai popularitas Telecaster dan Stratocaster.

Apakah hal itu mungkin (menyaingi Tele dan Strat)? Sesuatu yang patut dinanti memang. Namun kuncinya satu, Fender harus memberikan waktu untuk produknya diterima pasar.

Toh model seperti Jazzmaster, Jaguar, dan Mustang tidak langsung populer. Bahkan popularitas keduanya baru menemui puncak beberapa dekade setelah dirilis. Jadi, mari nantikan inovasi dan evolusi terbaru dari Fender.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!