Mau Beli Gitar Pertama? Ini Aksesoris yang Sebaiknya Kamu Punya Juga

by Tyo Harsono on Nov 29, 2021

Ketika mau belajar gitar untuk pertama kali, seringkali kita bingung mau beli apa aja. Nah, biar enggak bingung, baca panduan ini makanya!

Tentu aja hal pertama yang kamu butuh ya gitar. Nah abis itu apa? Ini yang kadang sering bingung. Mau nanya, takutnya malah diarahin untuk beli yang sebenernya enggak terlalu penting (contohnya, pedal).

Abis gitar, yang perlu kamu beli sebenernya ampli. Emang sih kalau kamu beli gitar akustik enggak terlalu penting. Tapi kalo gitar akustikmu bisa dicolok, kenapa enggak?

Dengan punya ampli, kamu bisa belajar untuk nyari suara yang kamu mau. Minimal, kamu bisa belajar untuk ngatur equailizer di amplimu.

Untuk pertama belajar, enggak perlu beli ampli yang besar atau mahal. Sekarang udah banyak kok, ampli kamar yang harga, daya, dan suaranya bersahabat.

Untuk ampli sendiri, kamu enggak harus kok, beli ampli khusus untuk gitar akustik. Toh ada beberapa ampli yang udah ada built in effect-nya buat kamu yang mau coba-coba efek gitar.

Nah, ampli sebagus apa pun yang kamu beli, bakal mubazir kalau kamu engak punya kabel. Sama kayak ampli, sekarang udah banyak kabel yang harganya bersahabat dan punya kualitas oke.

Gitar udah, ampli udah, kabel udah, apa lagi? Senar. Kadang senar bawaan gitarmu enggak terlalu bagus, jadi baiknya memang beli senar baru sih.

Kalau senarmu enggak bagus, kamu bakal males mainin gitar dan jadi enggak belajar-belajar. Mubazir dong? Iya makanya sebaiknya kamu beli senar.

Selain itu bisa jadi senar bawaanmu ukurannya kurang cocok untukmu. Kamu bisa beli senar yang lebih tipis atau tebel (panduan milih senar bisa baca di sini).

Oiya, kalau ganti senar biasanya kan harus di-tuning ulang tuh gitarmu. Buat pemula, cenderung susah untuk ngebedain senar yang fals sama enggak.

Makanya kamu butuh tuner. Bentuknya sendiri macam-macam, mulai dari yang clip on atau pedal. Oiya tuner ini juga bisa jadi pedal pertama-mu loh!

Kalo udah, abis itu giliran pick yang kamu butuh. Nah pick ini jenisnya ada banyak. Terlalu panjang kalau dibahas di sini, perlu artikel sendiri enggak nih?

Singkatnya, pick gitar ini bisa ngehasilin suara yang beda sesuai style permainanmu. Untuk pemilihan pick, kamu bisa sesuaiin tingkat ketebalan sama bentuknya.

Pas belajar gitar kadang suka ada lagu yang minta untuk pakai capo. Enggak ada salahnya sekalian kamu beli alat yang satu ini. Kalau kamu punya ini enggak perlu takut lagi mau main lagu apa pun.

Udah nih, kamu siap beraksi. Sayangnya kamu sekarang cuma bisa main gitar sambil duduk. Kalau mau berdiri gimana dong? Di sini gunanya strap.

Dengan beli strap, kamu bisa main gitar sambil jalan-jalan, bahkan lari atau loncat-loncat. Strap sendiri ada yang lebar dan tipis. Sekarang kamu enggak perlu takut lagi gitarmu jatuh.

Nah, sekarang aksesoris terakhir yang bisa kamu beli adalah stand. Kalau kamu naro gitar sembarang, bisa ada kerusakan yang enggak kamu sadarin loh!

Mulai dari neck bengkok sampai kemungkinan jatoh pas ditaro. Kalau sampe jatuh ini, banyak kemungkinan bisa terjadi. Makanya, kamu perlu stand.

Stand sendiri ada macam-macam jenisnya. Mulai dari single stand (untuk satu gitar), double, triple, sampai rack. Selain itu bisa juga beli gantungan untuk ngegantung gitarmu.

 Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!