Kamu Pernah Denger 5 Hal Ini soal Slash? Bener Enggak Nih? #CekFakta

by Tyo Harsono on Nov 29, 2021

Siapa sih yang enggak kenal Slash? Pria berambut kribo yang terkenal karena gitar solo-nya di video clip November Rain rupanya sering jadi sasaran gosip. Yuk #CekFakta soal Slash!

Slash selalu kelihatan pake Gibson Les Paul. Setupnya juga terkesan simpel, yang paling sering sih dicolok ke pedal-pedal signature-nya terus ke ampli Marshall.

Banyak dari kita yang terpukau sama permainan gitar Slash sama Guns n Roses, Velvet Revolver, atau Slash Snakespit. Hal itu juga banyak hal hoax soal dia.

Ada banyak gosip soal Slash yang sering dipercaya. Nah, apa aja sih gosip tentang pemain gitar yang akrab sama topi panjang-nya itu? Yuk #CekFakta-nya.

Gitar Slash di Album Debut GnR

Banyak yang ngira Slash udah pake Gibson Les Paul di album debut Guns n Roses. Apa bener? SALAH!

Memang bener sih gitar yang dia pakai model Les Paul, tapi itu bukan bikinan Gibson. Gitar itu adalah gitar replika yang pake pickup Seymour Duncan Alnico II Zebra.

Tapi gitar itu yang bikin Slash akrab sama Les Paul. Akhirnya malah Gibson yang ngejadiin dia salah satu artisnya, walau enggak pake Les Paul beneran!

Sempet Nyewa-nyewa Ampli

GnR ngeluarin album pertama abis dapet kontrak dari Geffen Records. Waktu itu mereka dapet budget untuk rekaman sebesar 370 ribu dolar.

Nah Slash sendiri pernah bilang uangnya habis untuk beli narkoba. Makanya sempet ada yang bilang dia nyewa ampli untuk rekaman.

Bener nggak sih? ENGGAK! Slash pernah punya Marshall Lead Tremolo. Emang ampli itu sempet terlambat dibawa sama Slash, tapi itu punya dia sendiri.

Ampli Signature Slash

Slash sama Marshall udah kerja sama sejak lama. Nah pas 2010 mereka ngeluarin signature ampli AFD100 yang dibikin pake replika yang Slash punya.

Banyak yang ngira kalau ampli ini bener-bener sama kayak yang punya Slash. Ternyata enggak, malah ampli yang dirilis itu dibikin pake base ampli lain.

Ampli punya Slash sendiri aslinya Stock #36. Nah sementara AFD100 gabungan dari Stock #34 sama Marshall JCM800 2203.

Feedback di Use Your Illusion

Di beberapa lagu di album Use Your Illusion, kedengeran suara feedback. Nah, sebenernya di studio emang agak susah untuk bikin suara feedback (pada masa itu).

Nah banyak yang ngira Slash pake alat canggih untuk ngebikin suara itu. Nah, enggak taunya itu cuma alat DIY yang dibikin teknisi Slash waktu itu, Adam Day.

Alat DIY itu dibikin pake nge micking Marshall di studio. Terus di ujung lain ada volume pedal yang ngontrol Mesa/Boogie di dalem studio yang sama untuk ngebikin feedback.

Tone Slash Ada di Gear-nya

Gear Slash selalu berubah-berubah dari tahun ke tahun. Tapi, apa pun yang dia mainin, suaranya bisa sama-sama aja tuh.

Jadi tone Slash bukan ada di gear-nya. Slash ini selalu punya trick untuk bisa bikin tone-nya sesuai yang dia mau walau ganti gear.

 Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!