Ini Loh, Cara Mudah Atur Truss Rod Gitarmu

by Tyo Harsono on Nov 10, 2021

Mengatur truss rod adalah salah satu cara maintenance gitar paling sederhana. Namun, kalau enggak hati-hati neck gitarmu bisa rusak.

Pada masa lalu, Leo Fender yakin gitar buatannya punya neck yang sangat kuat. Dia percaya gitar-gitar Fender enggak perlu truss rod.

Sayangnya kepercayaan diri Leo dipatahkan oleh konsumennya yang baru pulang tur ke Kanada. Cuaca dingin di Kanada membuat Leo mengubah hal itu.

Pasalnya, kayu memang terpengaruh dengan iklim dan kelembapan di sekitarnya. Nah, sebenarnya apa sih gunanya truss rod?

Jadi begini, kelurusan neck bisa berupah sesuai dengan iklim di sekitarnya. Nah, batang truss rod ini yang bisa menyesuaikan neck.

Sejarah truss rod sendiri dimulai pada 1934. Martin menjadi produsen gitar pertama yang meng-install truss rod di neck gitarnya.

Sayangnya truss rod buatan Martin masih belum sempurna. Sampai akhirnya Gibson melakukan penyempurnaan lewat adjustable truss rod.

Nah, sekarang, kapan waktu yang tepat untuk mengatur truss rod? Ini pertanyaan yang lumayan sulit dijawab. Namun,umumnya perubahan cuaca bisa membuat neck menjadi bengkok & perlu dibuat lurus dengan cara adjust trussrod. Senar yang terlalu tebal juga bisa membuat neck menjadi bengkok karna tertarik oleh tekanan senar.

Alat-alat yang kamu butuhkan untuk mengatur truss rod tidaklah banyak. Paling penting tentunya adalah kunci L untuk melakukan pengaturan.

Selain itu, tergantung jenis gitarnya, terkadang kamu perlu obeng kembang (terutama untuk yang memiliki truss rod cover. Nah untuk langkahnya, bisa kamu simak di bawah ini.

Pertama, kamu bisa melihat kelurusan neck di dua tempat. Tepatnya di fret pertama dan di sekitar neck joint. Lihat celah antara fret ketujuh.

Kalau tidak ada perbedaan dan ada fret buzzing, neck gitarmu mungkin bengkok ke belakang. Sebaliknya, maka neck gitarmu kemungkinan bengkok ke depan.

Ketika mau mengatur truss rod, hal pertama yang kamu lakukan adalah mencari ujungnya. Biasanya letaknya di ujung atas atau bawah fretboard.

Kamu bisa melakukan pengaturan dengan memasukkan kunci L di sana. Ada dua cara melakukan pengaturan truss rod ini.

Kalau neck-mu bengkok ke depan, putar kunci L searah dengan jarum jam. Sementara itu kalau bengkok ke belakang, putar berlawanan dengan jarum jam.

Terdengar mudah memang. Namun, kalau kamu tidak hati-hati, ada kemungkinan neck gitarmu bisa rusak. Pasalnya truss rod hanya bisa membuat koreksi minor.

Bisa dibilang daya jangkau truss rod dalam memperbaiki neck ada batasnya. Apabila neck-mu bengkoknya sudah parah, yang ada malah bisa menambah kerusakan.

Intinya, ketika mengatur truss rod, lakukan dengan perlahan. Pokoknya ketika kamu merasa truss rod nya sudah enggak bisa diputar, jangan dipaksa.

Perubahan kecil bisa menghasilkan perbedaan dalam tone dan playability. Nah, dengan mengetahui cara mengatur truss rod, kamu sudah bisa setidaknya membuat gitarmu lebih nyaman dimainkan.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!