Buka-bukaan Nih! Gitar Akustik, Elektrik, sama Bass Apa Sih yang Paling Laris di 2021?

by Tyo Harsono on Nov 24, 2021

Gitar terbaik enggak selalu gitar yang laris. Gitar yang laris sendiri enggak selalu punya harga mahal. Enggak percaya? Nih, cek aja sendiri di daftar gitar paling laris di 2021!

Udah mau akhir tahun nih! Biasanya akhir tahun gini mulai ketahuan tuh apa-apa aja yang paling laris selama setahun terakhir. Termasuk juga gitar!

Pandemi Covid-19 yang udah ngehantuin kita semua selama dua tahun terakhir ngebawa berkah tersembunyi. Orang-orang yang belajar atau main gitar lagi semakin banyak karena sempet enggak boleh keluar rumah.

Hal-hal kayak gini juga yang ngebantah artikel Washington Post beberapa tahun lalu. Pokoknya artikel itu udah enggak relevan lagi deh di era New Normal kayak sekarang.

Jadi penasaran, apa aja sih yang laris di pasaran selama 2021 ini? Oiya, semua data bersumber dari Reverb.com. Pertama, kita bahas yang akustik dulu deh, ini nih daftarnya:

Gitar Akustik Paling Laris 2021

1

Gretsch G9500 Jim Dandy

2

Taylor GS Mini Mahogany

3

Fender American Acoustasonic Telecaster

4

PRS SE Parlor P20E

5

Taylor GS Mini-e Koa

6

Martin Backpacker

7

Martin LXK2 Little Martin

8

Fender American Acoustasonic Jazzmaster

9

Gibson J-45 Standard

10

Yamaha FG800

11

Fender FA-15

12

Martin 000-15M

13

Cordoba C5

14

Gibson G-45

15

Fender American Acoustasonic Stratocaster / Seagull S6

16

Martin LX1 Little Martin

17

Martin D-28

18

Gibson LG-0

19

Gretsch G9201 / Martin SC-13e / Taylor BT2 Baby Taylor

20

Taylor 224ce-K DLX

Kalau diperhatiin dari daftar di atas, kamu bisa lihat gitar akustik mini lagi booming banget di 2021. Enam dari tujuh gitar akustik paling laris tahun ini ya, mini semua.

Menariknya lagi, Martin sama Taylor ngedominasi daftar ini (enggak heran sih). Dari 24 gitar akustik yang masuk daftar ini, 10 di antaranya dari dua produsen itu!

Hebatnya, ada beberapa juga gitar seri bawah-nya mereka yang masuk ke daftar ini. Kayak Martin Backpacker sama Taylor Baby.

Uniknya lagi, seri Acoustasonic dari Fender (yang cuma ada 3) semua masuk ke daftar ini. Model Telecaster di peringkat 3, diikutin model Jazzmaster (8) sama Stratocaster (15).

Gitar Elektrik Paling Laris 2021

1

Fender Player Telecaster

2

Fender Player Stratocaster

3

PRS Silver Sky John Mayer Signature

4

Squier Affinity Telecaster

5

Fender American Professional II Stratocaster

6

PRS SE Custom 24

7

Fender American Professional II Telecaster

8

Gibson Les Paul Standard '60s

9

Gibson Les Paul Standard '50s

10

ESP LTD EC-1000

11

Squier Affinity Series Stratocaster

12

Fender American Standard Stratocaster

13

PRS CE 24

14

Fender American Professional Series Stratocaster

15

Fender American Ultra Telecaster

16

Squier J Mascis Jazzmaster

17

Squier Classic Vibe '60s Jazzmaster

18

Fender American Standard Stratocaster (1986–2000)

19

Gibson Les Paul Classic

20

Fender Standard Stratocaster (1998–2005)

Jadi gitar elektrik pertama, enggak heran kalau popularitas Telecaster cukup tinggi. Enggak heran kalau 2 dari 5 gitar elektrik paling laris di 2021 ya Telecaster.

Uniknya bukan Fender American Professional atau American Original yang ada di puncak. Justru Fender Player Telecaster yang ada di urutan satu, diikutin sama Player Stratocaster.

Peringkat ketiga sendiri cukup unik. Siapa sangka PRS Silver Sky-nya John Mayer yang mahal banget terus cuma dapet gigbag bisa ada di urutan 3!

Yang paling lucu sih, Squier nyempil di 5 besar. Abis Silver Sky yang mahal banget tiba-tiba Squier, seri Affinity pula, ada di posisi keempat. Gitar yang dimaksud, Affinity Telecaster.

Bass Paling Laris 2021

1

Fender Player Precision Bass

2

Squier Affinity Precision Bass PJ

3

Fender Player Jazz Bass

4

Ibanez GSRM20

5

Rickenbacker 4003

6

Squier Classic Vibe Bass VI

7

Ibanez SR300E

8

Fender American Professional II Precision Bass

9

Squier Affinity Jazz Bass

10

Fender Precision Bass (1970–1983)

11

Hofner Ignition Pro Violin Bass

12

Rickenbacker 4003S

13

Gretsch Junior Jet II Bass

14

Fender JB-62 Jazz Bass Reissue MIJ

15

Fender Offset Series Mustang Bass PJ

16

Squier Affinity Bronco Bass / Classic Vibe '70s Jazz Bass

17

Ibanez TMB100 Talman Bass

18

Fender Standard Jazz Bass (1991–2008)

19

Squier Classic Vibe '60s Jazz Bass

20

Epiphone Thunderbird IV

Lagi-lagi Squier masuk daftar terlaris 2021, kali ini untuk kategori bass. Hebatnya, di 10 besar bukan cuma satu, tapi ada tiga produk Squier!

Uniknya, bass short scale juga mulai banyak penggemarnya. Lihat aja Squier Bass VI di urutan 6, Ibanez GSRM20 di posisi 4, Squier Bronco (16), Fender Mustang (15), Hofner Violin (11), sama Ibanez TMB100 (17).

Ada mukjizat lain di peringkat terakhir. Setelah bass bikinan Gibson atau Epiphone enggak dilirik selama bertahun-tahun, ada wakil Epiphone tahun ini. Di peringkat ke-20 ada Epiphone Thunderbird.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!