Bruce Springsteen dan Born to Run Fender Telecaster-nya yang Melegenda

by Tyo Harsono on Nov 3, 2021

Album Born to Run yang rilis pada 1975 melejitkan nama Bruce Springsteen. Fender Telecaster yang terlihat pada sampul album itu dianggap sebagai salah satu gitar paling legendaris.

Born to Run adalah album ketiga Springsteen. Proses produksi album itu sendiri sudah berlangsung sejak Mei 1974.

Total 14 bulan dihabiskan untuk menggarap album tersebut. Album ini yang dianggap menunjukkan kedewasaan Springsteen.

Menariknya, Telecaster yang ada di sampul itu cukup mengundang perhatian. Namun, rupanya gitar itu bukan sepenuhnya Telecaster. Loh, kok bisa?

Iya, jadi gitar itu adalah Telecaster buatan dekade 1950an. Namun, neck-nya ternyata bukanlah Telecaster, melainkan Esquire.

Gitar itu sendiri merupakan kesayangan Springsteen. Sampai saat ini dia mengaku masih memiliki gitar Partcaster itu.

Baru-baru ini Springsteen menceritakan mengenai gitar itu. Dia mengaku membeli gitar itu dengan harga yang cukup murah.

"Saya sudah menggunakan gitar itu selama sekitar 50 tahun. Saya membelinya ketika masih berusia 22 tahun dengan harga 185 dolar," ujar Springsteen.

"Kala itu saya membelinya di Jalan 334, Belmar, New Jersey. Saya membelinya dari seorang gitaris bernama Phil Patillo dan masih memilikinya sampai sekarang."

"Gitar ini gabungan dari dua gitar yang sangat bagus. Sekarang gitar ini sudah ikut saya mengelilingi Amerika dan dunia," imbuhnya.

Saking cintanya dengan Telecaster campuran itu, ternyata Springsteen sudah 50 tahun tidak memakai gitar lain. Menurutnya, gitar itu sudah seperti tangannya sendiri.

"Ketika menggunakan gitar itu, saya merasa itu adalah bagian dari tangan saya. Sementara gitar lain? Menurut saya hanya sekadar gitar," kata Springsteen.

Ketika mencintai sebuah gitar, memang sulit rasanya untuk mengganti gitar. Nah, apakah kamu seperti Springsteen? Punya gitar kesayangan?

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!