Beli PreSonus, Fender Makin Tegaskan Dominasi di Dunia Musik

by Tyo Harsono on Nov 8, 2021

Raksasa gitar dunia, Fender, membuat gebrakan baru. Bukan dari segi gitar atau efek, melainkan Fender mengakuisisi PreSonus.

PreSonus Audio Electronic telah berdiri sejak 1995 di Amerika Serikat (AS). Awalnya mereka memproduksi multi channel digital processor.

Kemudian bisnis mereka berkembang dan menciptakan berbagai keperluan musik. Seperti di antaranya DAW (Digital Audio Workstation) dan soundcard.

Semakin berkembang, PreSonus mengeluarkan keperluan alat musik lain. Mereka juga membuat processor yang bisa mengontrol audio analog menggunakan MIDI.

Nah, kabar mengejutkan terjadi pada November 2021 ini. Rupanya PreSonus mengumumkan mereka akan bergabung dengan Fender.

CEO FMIC (Fender Musical Instruments Corp), Andy Mooney, menegaskan pihaknya sudah tak sabar bekerja sama dengan PreSonus.

"Kami menyambut baik tim PreSonus dalam Keluarga Besar FMIC. Kami tidak sabar menyaksikan perkembangan kedua perusahaan," tutur Mooney.

"Kedua tim memiliki rasa cinta yang sama untuk musik. Kami juga berkomitmen untuk terus memberikan inovasi untuk generasi selanjutnya," imbuh Mooney.

Hal senada diungkapkan oleh pihak PreSonus. Mereka merasa, langkah ini tepat untuk melanjutkan perkembangan PreSonus.

"Setelah 25 tahun, PreSonus merasa menemukan partner yang tepat untuk perkembangan kami. PreSonus dan Fender memiliki visi yang sama," kata petinggi PreSonus, Kevin Couhig.

CEO PreSonus, Jim Boitnott, menimpali, "kami sama-sama menatap masa depan industri musik. Tujuan kami adalah mengembangkan ini semua."

Dengan bergabungnya kedua perusahaan ini, Gibson akan mendapat saingan berat. Seperti diketahui, Gibson sudah mengakuisisi perusahaan seperti Tascam dan Cakewalk satu dekade lalu.

Meski demikian, proses merger Fender dan PreSonus masih menunggu pengesahan secara resmi. Namun, kedua perusahaan sudah menyatakan komitmen masing-masing.

 Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!