Archive for November 2021

Mau Beli Gitar Pertama? Ini Aksesoris yang Sebaiknya Kamu Punya Juga

by Tyo Harsono on Nov 29, 2021

Ketika mau belajar gitar untuk pertama kali, seringkali kita bingung mau beli apa aja. Nah, biar enggak bingung, baca panduan ini makanya!

Tentu aja hal pertama yang kamu butuh ya gitar. Nah abis itu apa? Ini yang kadang sering bingung. Mau nanya, takutnya malah diarahin untuk beli yang sebenernya enggak terlalu penting (contohnya, pedal).

Abis gitar, yang perlu kamu beli sebenernya ampli. Emang sih kalau kamu beli gitar akustik enggak terlalu penting. Tapi kalo gitar akustikmu bisa dicolok, kenapa enggak?

Dengan punya ampli, kamu bisa belajar untuk nyari suara yang kamu mau. Minimal, kamu bisa belajar untuk ngatur equailizer di amplimu.

Untuk pertama belajar, enggak perlu beli ampli yang besar atau mahal. Sekarang udah banyak kok, ampli kamar yang harga, daya, dan suaranya bersahabat.

Untuk ampli sendiri, kamu enggak harus kok, beli ampli khusus untuk gitar akustik. Toh ada beberapa ampli yang udah ada built in effect-nya buat kamu yang mau coba-coba efek gitar.

Nah, ampli sebagus apa pun yang kamu beli, bakal mubazir kalau kamu engak punya kabel. Sama kayak ampli, sekarang udah banyak kabel yang harganya bersahabat dan punya kualitas oke.

Gitar udah, ampli udah, kabel udah, apa lagi? Senar. Kadang senar bawaan gitarmu enggak terlalu bagus, jadi baiknya memang beli senar baru sih.

Kalau senarmu enggak bagus, kamu bakal males mainin gitar dan jadi enggak belajar-belajar. Mubazir dong? Iya makanya sebaiknya kamu beli senar.

Selain itu bisa jadi senar bawaanmu ukurannya kurang cocok untukmu. Kamu bisa beli senar yang lebih tipis atau tebel (panduan milih senar bisa baca di sini).

Oiya, kalau ganti senar biasanya kan harus di-tuning ulang tuh gitarmu. Buat pemula, cenderung susah untuk ngebedain senar yang fals sama enggak.

Makanya kamu butuh tuner. Bentuknya sendiri macam-macam, mulai dari yang clip on atau pedal. Oiya tuner ini juga bisa jadi pedal pertama-mu loh!

Kalo udah, abis itu giliran pick yang kamu butuh. Nah pick ini jenisnya ada banyak. Terlalu panjang kalau dibahas di sini, perlu artikel sendiri enggak nih?

Singkatnya, pick gitar ini bisa ngehasilin suara yang beda sesuai style permainanmu. Untuk pemilihan pick, kamu bisa sesuaiin tingkat ketebalan sama bentuknya.

Pas belajar gitar kadang suka ada lagu yang minta untuk pakai capo. Enggak ada salahnya sekalian kamu beli alat yang satu ini. Kalau kamu punya ini enggak perlu takut lagi mau main lagu apa pun.

Udah nih, kamu siap beraksi. Sayangnya kamu sekarang cuma bisa main gitar sambil duduk. Kalau mau berdiri gimana dong? Di sini gunanya strap.

Dengan beli strap, kamu bisa main gitar sambil jalan-jalan, bahkan lari atau loncat-loncat. Strap sendiri ada yang lebar dan tipis. Sekarang kamu enggak perlu takut lagi gitarmu jatuh.

Nah, sekarang aksesoris terakhir yang bisa kamu beli adalah stand. Kalau kamu naro gitar sembarang, bisa ada kerusakan yang enggak kamu sadarin loh!

Mulai dari neck bengkok sampai kemungkinan jatoh pas ditaro. Kalau sampe jatuh ini, banyak kemungkinan bisa terjadi. Makanya, kamu perlu stand.

Stand sendiri ada macam-macam jenisnya. Mulai dari single stand (untuk satu gitar), double, triple, sampai rack. Selain itu bisa juga beli gantungan untuk ngegantung gitarmu.

 Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!


Kamu Pernah Denger 5 Hal Ini soal Slash? Bener Enggak Nih? #CekFakta

by Tyo Harsono on Nov 29, 2021

Siapa sih yang enggak kenal Slash? Pria berambut kribo yang terkenal karena gitar solo-nya di video clip November Rain rupanya sering jadi sasaran gosip. Yuk #CekFakta soal Slash!

Slash selalu kelihatan pake Gibson Les Paul. Setupnya juga terkesan simpel, yang paling sering sih dicolok ke pedal-pedal signature-nya terus ke ampli Marshall.

Banyak dari kita yang terpukau sama permainan gitar Slash sama Guns n Roses, Velvet Revolver, atau Slash Snakespit. Hal itu juga banyak hal hoax soal dia.

Ada banyak gosip soal Slash yang sering dipercaya. Nah, apa aja sih gosip tentang pemain gitar yang akrab sama topi panjang-nya itu? Yuk #CekFakta-nya.

Gitar Slash di Album Debut GnR

Banyak yang ngira Slash udah pake Gibson Les Paul di album debut Guns n Roses. Apa bener? SALAH!

Memang bener sih gitar yang dia pakai model Les Paul, tapi itu bukan bikinan Gibson. Gitar itu adalah gitar replika yang pake pickup Seymour Duncan Alnico II Zebra.

Tapi gitar itu yang bikin Slash akrab sama Les Paul. Akhirnya malah Gibson yang ngejadiin dia salah satu artisnya, walau enggak pake Les Paul beneran!

Sempet Nyewa-nyewa Ampli

GnR ngeluarin album pertama abis dapet kontrak dari Geffen Records. Waktu itu mereka dapet budget untuk rekaman sebesar 370 ribu dolar.

Nah Slash sendiri pernah bilang uangnya habis untuk beli narkoba. Makanya sempet ada yang bilang dia nyewa ampli untuk rekaman.

Bener nggak sih? ENGGAK! Slash pernah punya Marshall Lead Tremolo. Emang ampli itu sempet terlambat dibawa sama Slash, tapi itu punya dia sendiri.

Ampli Signature Slash

Slash sama Marshall udah kerja sama sejak lama. Nah pas 2010 mereka ngeluarin signature ampli AFD100 yang dibikin pake replika yang Slash punya.

Banyak yang ngira kalau ampli ini bener-bener sama kayak yang punya Slash. Ternyata enggak, malah ampli yang dirilis itu dibikin pake base ampli lain.

Ampli punya Slash sendiri aslinya Stock #36. Nah sementara AFD100 gabungan dari Stock #34 sama Marshall JCM800 2203.

Feedback di Use Your Illusion

Di beberapa lagu di album Use Your Illusion, kedengeran suara feedback. Nah, sebenernya di studio emang agak susah untuk bikin suara feedback (pada masa itu).

Nah banyak yang ngira Slash pake alat canggih untuk ngebikin suara itu. Nah, enggak taunya itu cuma alat DIY yang dibikin teknisi Slash waktu itu, Adam Day.

Alat DIY itu dibikin pake nge micking Marshall di studio. Terus di ujung lain ada volume pedal yang ngontrol Mesa/Boogie di dalem studio yang sama untuk ngebikin feedback.

Tone Slash Ada di Gear-nya

Gear Slash selalu berubah-berubah dari tahun ke tahun. Tapi, apa pun yang dia mainin, suaranya bisa sama-sama aja tuh.

Jadi tone Slash bukan ada di gear-nya. Slash ini selalu punya trick untuk bisa bikin tone-nya sesuai yang dia mau walau ganti gear.

 Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!


Yuk Kenalan Sama Jenis-jenis Overdrive! Mana Sih yang Paling Cocok untuk Kamu?

by Tyo Harsono on Nov 26, 2021

Kebanyakan gitaris kalau beli gitar pertama, pasti overdrive atau enggak distortion. Banyak yang gonta-ganti overdrive karena enggak cocok. Nah, biar enggak buang-buang duit, nih ada tips-nya!

Ada ribuan overdrive di seluruh dunia, mulai dari merk mainstream kayak Boss, merk budget kayak Joyo, sampai butik macam JHS.

Nah enggak taunya overdrive ini ada jenis-jenisnya sendiri loh. Secara umum, ada empat jenis overdrive yang ditambah lagi sama dua sub kategori dari dua jenis yang ada.

Di artikel kali ini, kami bakal ngebahas jenis-jenis overdrive yang ada. Mau tau apa aja jenis overdrive? Yuk simak artikel di bawah ini!

Soft Clipping

Secara umum, soft clipping ada dua jenis, modelan Tube Screamer sama Bluesbreaker. Nah, di bawah ini bakal dijelasin deh beda keduanya.

Soft Clipping - Tube Screamer style

Kategori pertama ini yang paling populer dari semua jenis overdrive. Tipe ini berdasarkan dari si hijau legendaris, Ibanez Tube Screamer.

Hampir semua orang pasti punya (atau pernah punya) pedal ini. Sirkuitnya bisa dibilang kayak junk food di dunia per-overdrive-an, udah dicopy berkali-kali.

Ciri khas dari overdrive model ini, kedengerannya kayak transparan, padahal enggak. Overdrive model ini punya keunggulan nge-boost frekuensi mid.

Soft Clipping -  Bluesbreaker style

Awalnya, Marshall punya ampli Bluesbreaker. Di awal 1990an, mereka ngerilis pedal Bluesbreaker yang diinspirasiin dari ampli itu.

Hasilnya banyak copy dari Bluesbreaker yang berkeliaran. Mulai dari Analogman King of Tone sampai JHS Morning Glory.

Beda paling jelas dari tipe ini sama sebelumnya adalah transparasinya. Kalau Tube Screamer nge-boost mid, Bluesbreaker justru transparan banget.

Hard Clipping

Sama kayak soft clipping, hard clipping juga punya dua jenis. Lagi-lagi kami bakal ngejelasin beda dari setiap jenisnya.

Hard Clipping - Overdrive/Distortion

Salah satu perbedaan antara hard clipping sama soft clipping adalah peletakan diode-nya. Nah, hard clipping ini diode-nya ada di bagian ujung sirkuit.

Untuk tipe pertama, overdrive/distortion, hard clipping ngebikin suaranya enggak terlalu bersih. Bisa dibilang hal itu karena semua sinyal dari gitarmu udah di clip.

Kalau kamu kadang mainin gitar yang butuh dirt banget, hard clipping tipe ini cocok banget buatmu. Gain dikecilin, jadi overdrive, gain kamu besarin jadi distortion. Contoh pedalnya DOD Preamp 250 atau MXR Distortion +.

Hard Clipping - Klon style

Sejak pertama keluar di 1990an, Klon Centaur langsung jadi pusat perhatian. Hebatnya, sirkuit pedal ini enggak ketahuan sampe 2008 loh.

Sebelum tahun itu banyak yang nyangka pedal ini varian dari soft clipping. Tapi enggak tahunya memang ini jenis sirkuit baru yang walau hard clipping, suaranya enggak terlalu galak.

Sejak 2008an harga Klon Centaur justru naik terus. Tapi copy nya yang punya harga lebih murah juga mulai muncul kayak Joyo Tauren atau J Rockett Archer.

Transistor non Op-Amp

Kategori berikutnya adalah transistor non op-amp. Overdrive jenis ini enggak punya op-amp kayak soft clipping atau hard clipping.

Overdrive jenis ini sebenernya mirip sama ampli tabung. Bisa dibilang jenis suara gitarmu bakal tergantung sama seberapa kenceng kamu nge-strumming senar gitarmu.

Ada beberapa jenis overdrive tipe ini. Yang paling legendaris sih Boss BD-2 (termasuk varian Waza Craft, BD2w), Rob Keeley Super Phat Mod, dan Ibanez Mostortion MT-10.

Amp in a Box

Ini jenis overdrive yang nge-simulasiin pedal. Ada beberapa jenis pedal dari jenis ini yang punya karakter overdrive dari sebuah ampli.

Contohnya adalah Strymon Iridium, Mesa Boogie V Twin, Hughes & Kettner Tubeman MK II. Pedal-pedal tersebut mensimulasikan karakter overdrive dari ampli.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!


Buka-bukaan Nih! Gitar Akustik, Elektrik, sama Bass Apa Sih yang Paling Laris di 2021?

by Tyo Harsono on Nov 24, 2021

Gitar terbaik enggak selalu gitar yang laris. Gitar yang laris sendiri enggak selalu punya harga mahal. Enggak percaya? Nih, cek aja sendiri di daftar gitar paling laris di 2021!

Udah mau akhir tahun nih! Biasanya akhir tahun gini mulai ketahuan tuh apa-apa aja yang paling laris selama setahun terakhir. Termasuk juga gitar!

Pandemi Covid-19 yang udah ngehantuin kita semua selama dua tahun terakhir ngebawa berkah tersembunyi. Orang-orang yang belajar atau main gitar lagi semakin banyak karena sempet enggak boleh keluar rumah.

Hal-hal kayak gini juga yang ngebantah artikel Washington Post beberapa tahun lalu. Pokoknya artikel itu udah enggak relevan lagi deh di era New Normal kayak sekarang.

Jadi penasaran, apa aja sih yang laris di pasaran selama 2021 ini? Oiya, semua data bersumber dari Reverb.com. Pertama, kita bahas yang akustik dulu deh, ini nih daftarnya:

Gitar Akustik Paling Laris 2021

1

Gretsch G9500 Jim Dandy

2

Taylor GS Mini Mahogany

3

Fender American Acoustasonic Telecaster

4

PRS SE Parlor P20E

5

Taylor GS Mini-e Koa

6

Martin Backpacker

7

Martin LXK2 Little Martin

8

Fender American Acoustasonic Jazzmaster

9

Gibson J-45 Standard

10

Yamaha FG800

11

Fender FA-15

12

Martin 000-15M

13

Cordoba C5

14

Gibson G-45

15

Fender American Acoustasonic Stratocaster / Seagull S6

16

Martin LX1 Little Martin

17

Martin D-28

18

Gibson LG-0

19

Gretsch G9201 / Martin SC-13e / Taylor BT2 Baby Taylor

20

Taylor 224ce-K DLX

Kalau diperhatiin dari daftar di atas, kamu bisa lihat gitar akustik mini lagi booming banget di 2021. Enam dari tujuh gitar akustik paling laris tahun ini ya, mini semua.

Menariknya lagi, Martin sama Taylor ngedominasi daftar ini (enggak heran sih). Dari 24 gitar akustik yang masuk daftar ini, 10 di antaranya dari dua produsen itu!

Hebatnya, ada beberapa juga gitar seri bawah-nya mereka yang masuk ke daftar ini. Kayak Martin Backpacker sama Taylor Baby.

Uniknya lagi, seri Acoustasonic dari Fender (yang cuma ada 3) semua masuk ke daftar ini. Model Telecaster di peringkat 3, diikutin model Jazzmaster (8) sama Stratocaster (15).

Gitar Elektrik Paling Laris 2021

1

Fender Player Telecaster

2

Fender Player Stratocaster

3

PRS Silver Sky John Mayer Signature

4

Squier Affinity Telecaster

5

Fender American Professional II Stratocaster

6

PRS SE Custom 24

7

Fender American Professional II Telecaster

8

Gibson Les Paul Standard '60s

9

Gibson Les Paul Standard '50s

10

ESP LTD EC-1000

11

Squier Affinity Series Stratocaster

12

Fender American Standard Stratocaster

13

PRS CE 24

14

Fender American Professional Series Stratocaster

15

Fender American Ultra Telecaster

16

Squier J Mascis Jazzmaster

17

Squier Classic Vibe '60s Jazzmaster

18

Fender American Standard Stratocaster (1986–2000)

19

Gibson Les Paul Classic

20

Fender Standard Stratocaster (1998–2005)

Jadi gitar elektrik pertama, enggak heran kalau popularitas Telecaster cukup tinggi. Enggak heran kalau 2 dari 5 gitar elektrik paling laris di 2021 ya Telecaster.

Uniknya bukan Fender American Professional atau American Original yang ada di puncak. Justru Fender Player Telecaster yang ada di urutan satu, diikutin sama Player Stratocaster.

Peringkat ketiga sendiri cukup unik. Siapa sangka PRS Silver Sky-nya John Mayer yang mahal banget terus cuma dapet gigbag bisa ada di urutan 3!

Yang paling lucu sih, Squier nyempil di 5 besar. Abis Silver Sky yang mahal banget tiba-tiba Squier, seri Affinity pula, ada di posisi keempat. Gitar yang dimaksud, Affinity Telecaster.

Bass Paling Laris 2021

1

Fender Player Precision Bass

2

Squier Affinity Precision Bass PJ

3

Fender Player Jazz Bass

4

Ibanez GSRM20

5

Rickenbacker 4003

6

Squier Classic Vibe Bass VI

7

Ibanez SR300E

8

Fender American Professional II Precision Bass

9

Squier Affinity Jazz Bass

10

Fender Precision Bass (1970–1983)

11

Hofner Ignition Pro Violin Bass

12

Rickenbacker 4003S

13

Gretsch Junior Jet II Bass

14

Fender JB-62 Jazz Bass Reissue MIJ

15

Fender Offset Series Mustang Bass PJ

16

Squier Affinity Bronco Bass / Classic Vibe '70s Jazz Bass

17

Ibanez TMB100 Talman Bass

18

Fender Standard Jazz Bass (1991–2008)

19

Squier Classic Vibe '60s Jazz Bass

20

Epiphone Thunderbird IV

Lagi-lagi Squier masuk daftar terlaris 2021, kali ini untuk kategori bass. Hebatnya, di 10 besar bukan cuma satu, tapi ada tiga produk Squier!

Uniknya, bass short scale juga mulai banyak penggemarnya. Lihat aja Squier Bass VI di urutan 6, Ibanez GSRM20 di posisi 4, Squier Bronco (16), Fender Mustang (15), Hofner Violin (11), sama Ibanez TMB100 (17).

Ada mukjizat lain di peringkat terakhir. Setelah bass bikinan Gibson atau Epiphone enggak dilirik selama bertahun-tahun, ada wakil Epiphone tahun ini. Di peringkat ke-20 ada Epiphone Thunderbird.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!


Fender Denger Doa Kita Semua! Acoustasonic Ada Made in Mexico-nya!

by Tyo Harsono on Nov 22, 2021

Inget enggak sih, beberapa tahun lalu Fender ngeluarin seri Acoustasonic? Sayangnya harga gitar akustik itu cukup selangit sampai banyak yang protes.

Awalnya Fender ngeluarin Telecaster untuk seri Acoustasonic. Terus mereka ngerilis juga model Stratocaster yang Fender Denger Doa Kita Semua! Acoustasonic Ada Made in Mexico-nya!

Inget enggak sih, beberapa tahun lalu Fender ngeluarin seri Acoustasonic? Sayangnya harga gitar akustik itu cukup selangit sampai banyak yang protes.

Awalnya Fender ngeluarin Telecaster untuk seri Acoustasonic. Terus mereka ngerilis juga model Stratocaster yang diikutin sama Jazzmaster.

Dari pertama dikeluarin, Acoustasonic ini langsung jadi sorotan. Gimana enggak, gitar akustik tapi punya body tipis dan punya banyak karakter suara, siapa yang enggak mau?

Sayangnya harga Acoustasonic cukup mahal. Maklum, Fender ngebikin gitat itu di Amerika Serikat (AS). Udah pada tahu dong, harga Fender MIA (Made in America) kayak gimana?

Hasilnya banyak gitaris yang rame-rame protes ke Fender. Demo masal di media sosial cukup marak, nuntut perusahaan itu ngerilis Acoustasonic dibikin yang harganya terjangkau.

Akhirnya doa orang-orang yang pengen Acoustasonic murah terkabul. Fender baru-baru ini ngumumin Fender Player Acoustasonic yang artinya dibikin di Meksiko!

Ada beberapa perubahan tentunya dari seri MIA. Acoustasonic bikinan Meksiko ini cuma punya 3 voicing, dibanding buatan Amerika yang punya 5 voicing.

Untuk pickup-nya, Acoustasonic MIM (Made in Mexico) ini punya N4 Noiseless Telecaster buatan Tim Shaw. Selain itu ada Fishman Undersaddle Piezo juga.

Pilihan voicing-nya sendiri untuk 1A sound clean yang nangkep suara dari Noiseless. Terus kalau posisi 1B tetep suara Noiseless, tapi agak lebih kasar suaranya.

Kalau posisi 2A karakter suaranya akustik banget. Nah, posisi 2B sendiri lebih elektrik terus suaranya kayak double tracking dua gitar.

Lain lagi posisi 3A yang suaranya agak nge-boost di mid. Kalau posisi 3B suaranya fokus di low dan ngehasilin suara gitar akustik yang agak klasik.

Dibikin dari kayu mahogany, gitar ini cukup bagus walau dimainin unplug. Kerennya lagi, fingerboard Acoustasonic MIM ini juga pake rosewood!

Oiya, kayak saudara tuanya, Acoustasonic MIM ini juga butuh baterai untuk ngedukung voicing. Baterai yang perlu kamu pakai cukup 9v.

Duh enggak sabar nih nunggu Acoustasonic Telecaster masuk ke Indonesia. Siapa nih yang enggak sabar juga nyobain gitar ini?

 Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!