Shielding di Gitar, Seberapa Penting dan Pengaruhnya

by Tyo Harsono on Oct 1, 2021

Kata shielding sering terdengar di telinga gitaris pastinya. Sebenarnya, apa sih shielding itu? Seberapa penting untuk gitar itu sendiri?

Ketika memainkan gitar, kamu pasti sering mendengar suara noise yang berlebih. Terutama kalau gitar yang kamu pakai berada di dekat ampli atau alat elektronik lain.

Terkadang, ada yang merasa tanpa ba bi bu langsung mengaggap gitarnya jelek. Padahal, ya belum tentu. Ada beberapa alasan suara noise itu.

Nah, sebenarnya suara itu berasal dari Radio Frequency Interference dan Electromagnetic Frequenci Interference. Nah hal itu membuat noise berfrekuensi 60Hz sering terdengar di ampli.

Banyak yang mengira kamu perlu mengganti pickup untuk memperbaikinya. Padahal, sebenarnya enggak perlu juga. Cukup dengan memberikan shielding.

Sebelum membahas lebih jauh, apa sih shielding itu? Sebenarnya, shielding adalah menambahkan substansi untuk mengurangi suara noise yang tidak diinginkan dari gitarmu.

Shielding sendiri biasanya dipakai di gitar single coil atau soapbar seperti Jazzmaster. Hal itu karena gitar dengan pickup seperti itu mempunyai noise yang lebih banyak. Sementara gitar humbucker sudah di routing dengan teknik hum cancelling.

Nantinya substansi tersebut akan "menangkap" noise dari pickup lalu menahannya. Dengan demikian, suara noise yang tak diinginkan bisa hilang.

Menariknya di sini, pada masa lalu shielding untuk gitar dilakukan dengan memakai pickguard yang terbuat dari bahan metal. Contohnya seperti gitar-gitar Fender era 1950an akhir.

Akan tetapi, selanjutnya penggunaan kertas foil lebih populer karena berbagai alasan. Dua jenis kertas foil yang terkenal untuk shielding adalah aluminium dan tembaga.

Sebenarnya melakukan shielding ke gitar ini solusi yang tidak mahal. Asalkan kamu bisa melakukan solder atau de-solder serta mengerti wiring gitar, kamu bisa melakukannya sendiri.

Meski begitu, kalau kamu tidak terlalu paham skill tersebut, kamu sebaiknya membawa ke teknisi. Tentu kamu tidak mau gitar kesayanganmu justru rusak kan?

Anggap kamu cukup mengerti skill yang dibutuhkan. Apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan shielding sendiri ke gitarmu?

Sederhana, kamu hanya butuh kertas foil dengan perekat konduktif. Selain itu tentu peralatan seperti obeng untuk melepas pickguard.

Kemudian kamu perlu melepas komponen elektronik di gitarmu. Setelah itu, terdapat beberapa bagian yang perlu kamu lapisi dengan kertas foil.

Bagian belakang pickguard perlu kamu berikan kertas foil. Selain itu, semua bagian rongga di gitarmu juga perlu diberi kertas tersebut.

Setelah itu kamu perlu memasang lagi semua komponen elektronik gitarmu. Lalu, kamu bisa mencobanya dan suara noise akan hilang.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!