Seberapa Penting Hardware untuk Gitarmu? Ini Pendapat Paul Reed Smith!

by Tyo Harsono on Oct 27, 2021

Mungkin selama ini yang menjadi sorotan ketika membeli gitar adalah bahan kayu atau pickupnya. Namun Paul Reed Smith punya pendapat lain, menurutnya hardware enggak kalah penting.

Ketika memodifikasi gitar, biasanya orang-orang langsung mengubah bagian elektronik. Entah pickup, potensio, atau jack.

Padahal ada instrumen yang enggak kalah penting. Setidaknya menurut Smith yang merupakan pendiri produsen gitar PRS.

Smith beranggapan hardware juga cukup penting untuk sebuah gitar. Bahkan hal itu menjadi alasan PRS membuat beberapa part gitarnya.

"PRS menggunakan jack buatan Switchcraft. Kami tidak membuat jack atau potentio sendiri. Namun, ada hal yang harus kami buat sendiri," ujar Smith.

"Kami bukannya arogan soal hardware, hanya saja kami ingin cerdas. Intinya, semua untuk membuat gitar mengeluarkan suara terbaiknya."

"Pembuatan bridge yang kami pakai saat ini sudah mengalami eksperimen selama bertahun-tahun. Kami ingin part terbaik untuk gitar kami," imbuhnya.

Guna menegaskan betapa pentingnya hardware, Smith sampai mencontohkan harga gitar vintage yang turun drastis ketika ada part yang diganti.

Menurut Smith ada dua komponen yang sebenarnya paling penting dari hardware gitar. Pertama adalah bridge, lalu tuning peg.

"Kenapa mengganti hardware bisa membuat harga gitr turun drastis? Hal itu karena mereka berpengaruh ke sound," tuturnya.

"Segala hal saling berhubungan. Saya beri contoh lain, ketika menambahkan sesuatu ke neck, maka akan membuat neck menjadi berat," imbuh Smith.

Menariknya, Smith menilai Fender dan Gibson sudah melakukan tugasnya dengan baik. Menurutnya kedua perusahaan itu langsung menemukan formula yang tepat.

"Begini, gitar adalah alat yang sederhana. Anda memiliki kayu di body, neck, dan fingerboard. Selain itu ada fret," kata Smith.

"Lalu ada truss rod dan tuning peg. Kemudian body, finish, serta bridge ditambah dengan pickup. Anda pikir ini hal mudah, tetapi sulit juga untuk membuat yang benar," pungkasnya.

Menurut Paul Reed Smith, kunci gitar yang bagus adalah menggunakan hardware terbaik. Nah, jadi sebelum meng-upgrade elektronik, ada baiknya hardware terlebih dulu.

 Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!