Jenis Pickup Gitar Akustik, Mana yang Paling Tepat Untukmu?

by Tyo Harsono on Oct 8, 2021

Menggunakan pickup di gitar akustik adalah praktik yang biasa pada dekade ini. Namun, mana sih jenis pickup yang cocok untukmu?

Seperti pickup gitar elektrik, pickup gitar akustik juga punya banyak jenis. Bahkan, perbedaan suara di pickup gitar akustik lebih besar dari pickup gitar elektrik.

Secara umum, jenis pickup gitar akustik ada yang aktif maupun pasif. Lalu ada yang ditaruh di lobang suara, ada juga yang ditanam di dalam tubuh gitar.

Budget untuk masing-masing tipe juga bervariasi. Semua juga mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Nah, kali ini, Smosyu Music akan membedah empat jenis pickup gitar akustik yang paling umum. Kami juga membedah kelebihan dan kekurangan masing-masing supaya kamu tahu mana yang paling tepat untuk kebutuhanmu.

Apa saja jenis-jenisnya? Simak ulasan kami di bawah ini!

Magnetic Soundhole

Pickup jenis ini adalah yang menangkap resonansi dari setiap senar lewat magnet. Cara kerjanya mirip dengan pickup gitar elektrik.

Di antara berbagai macam pickup gitar akustik, bisa dibilang ini yang paling murah. Kelebihannya adalah mereka juga tidak terlalu terganggu feedback.

Sayangnya pickup jenis ini tidak mengeluarkan suara maksimal dari gitar itu sendiri. Selain itu suaranya cenderung agak cempreng.

Transducer

Kalau pickup jenis ini, ditanam di dalam gitar, tepatnya pada area bridge. Biasanya ada beberapa bagian yang ditempel untuk mengeksplorasi suara.

Ketimbang jenis sebelumnya, transducer lebih bisa mengeluarkan suara asli gitar akustik. Hal itu lantaran mereka ditanam di bagian dalam gitar.

Perbedaan akan semakin terasa kalau kamu menggunakannya untuk strumming. Apabila soundhole cukup cempreng, transducer lebih terkontrol.

Piezo

Piezo pickup adalah jenis pickup yang menangkap getaran langsung dari setiap bagian tubuh gitar. Terdapat beberapa bagian yang ditempel di bagian dalam gitar.

Pickup jenis ini juga lebih versatile. Mereka juga bisa digunakan di gitar akustik dengan senar nylon karena tidak terpengaruh oleh getaran senar.

Penggunaan piezo sendiri mulai naik daun pada dekade 1970an. Pelopornya adalah Ovation dan Takamine pada gitar produksi mereka.

Microphone

Banyak yang mengatakan pickup jenis ini adalah yang paling jujur. Pickup microphone menangkap suara dan esensi paling murni dari gitar akustik.

Sayangnya pickup jenis ini cukup mahal. Akhirnya banyak yang mengombinasikan pickup microphone dengan piezo untuk mengakalinya.

Kekurangan lain adalah pickup microphone sangat sensitif dan cenderung sering mengalami feedback. Namun kalau mau mencari suara gitar paling murni, ini yang paling tepat.

Nah, itu empat jenis pickup gitar akustik yang paling umum. Nah, mana yang paling tepat untukmu? Kembali lagi, semua tergantung kebutuhan dan budget-mu.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!