Jazzmaster dan Jaguar, Apa Aja Sih Bedanya?

by Tyo Harsono on Oct 18, 2021

Ketika melihat gitar offset buatan Fender, kok bentuknya mirip ya? Padahal namanya cukup berbeda, Jazzmaster dan Jaguar.

Dari keduanya, Jazzmaster lahir lebih dulu, tepatnya pada 1958. Seperti namanya, Fender mengincar pasar gitaris Jazz kala itu.

Menariknya, Jazzmaster justru lebih populer di kalangan gitaris surf rock. Hal ini yang membuat Fender merilis Jaguar pada 1962.

Bentuk yang sangat mirip membuat keduanya sering dikira gitar yang sama. Padahal, terdapat beberapa perbedaan yang cukup masif.

Nah, supaya menghindari kebingungan, kami akan membahas perbedaan di antara kedua gitar. Apa saja? Simak bahasan berikut ini.

Pickup

Paling kelihatan adalah bedanya pickup di Jazzmaster dan Jaguar. Jazzmaster punya pickup single coil gepeng yang menyerupai P90 sementara Jaguar mirip Stratocaster.

Pickup Jazzmaster ini sering disalah artikan dengan P90 meski sebenarnya adalah single coil. Namun lilitann di pickupnya berbeda dengan single coil pada umumnya.

Sementara di Jaguar, ada single coil yang memiliki lapisan metal di sampingnya. Fungsi lapisan itu adalah untuk menghilangkan dengung dari gitar.

Control

Baik Jazzmaster maupun Jaguar punya dua sirkuit, lead dan rhythm. Meski terdengar mirip, ada perbedaan dari keduanya, terutama di kontrol untuk sirkuit lead (sirkuit rhythm cenderung sama).

Sirkuit rhythm di kedua gitar sama-sama hanya mengaktifkan pickup neck. Di Jazzmaster, kalau mengubah ke sirkuit lead, kontrolnya mirip seperti gitar-gitar Gibson, menggunakan switch untuk memilih pickup.

Beda lagi dengan di Jaguar. Ada switch kecil yang biasanya terletak di bagian bawah body gitar untuk mengaktifkan masing-masing pickup ditambah dengan strangler switch.

Scale

Ini lagi letak perbedaan antara kedua gitar, di scale-nya. Jazzmaster mempunyai 25,5 inch scale, sama seperti gitar Fender lain pada umumnya.

Sementara itu Jaguar hanya memiliki scale 25 inch. Bedanya lagi adalah Jaguar punya 22 fret sementara Jazzmaster hanya 21.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!