Apa Sih Gitar Termahal di Dunia? Ini 5 Gitar yang Laku dengan Harga Paling Mahal

by Tyo Harsono on Oct 29, 2021

Perdebatan mengenai gitar termahal di dunia kerap terjadi. Namun, nyatanya ada satu gitar yang pantas menyandang gelar tersebut.

Tentunya gitar-gitar termahal ini punya sejarah tersendiri. Mereka adalah gitar yang tercatat pernah dipakai oleh musisi papan atas.

Gelar gitar termahal juga kerap berganti seiring berjalannya waktu. Bahkan pemecahan rekor sendiri baru terjadi belum lama ini.

Gitar-gitar termahal ini biasanya dijual di lelang. Selain itu mereka juga punya spesifikasi yang cukup langka.

Nah apa saja gitar-gitar termahal di dunia? Berikut ini kami mengumpulkan datanya dari yang paling rendah ke tertinggi.

5. Fender Stratocaster Milik Jimi Hendrix

Di Museum of Pop Culture di Seattle, kamu bakal melihat Stratocaster berwarna putih. Rupanya gitar itu milik Jimi Hendrix dan dia pakai di Woodstock.

Ternyata gitar itu dibeli oleh co-founder Microsoft, Paul Allen. Saat itu Allen mengeluarkan kocek senilai dua juta dolar.

Allen sendiri meninggal dunia pada 2018. Rupanya dia merupakan penggemar berat Hendrix yang juga bermain gitar dan kolektor.

4. Gibson J-160E Milik John Lennon

Selanjutnya adalah gitar milik eks frontman The Beatles, John Lennon. Gitar itu adalah Gibson J-160E yang dibelikan oleh manajernya, Brian Epstein.

Sayangnya gitar itu hilang pada 1963. Baru setengah abad kemudian gitar tersebut ditemukan menjadi milik John McCaw yang membelinya pada 1969.

Pada 2015 lalu gitar tersebut sempat dilelang. Rupanya gitar tersebut laku dengan harga mencapai 2,4 juta dolar untuk pembeli yang tak diketahui namanya.

3. Fender Stratocaster Reach Out to Asia

Seperti diketahui, sebagian besar negara Asia dihantam badai Tsunami pada 2004 lalu. Kemudian pada awal 2005 terdapat acara amal bertajuk Reach Out to Asia.

Setelah acara selesai, bintang-bintang yang hadir di acara tersebut menandatangani sebuah Stratocaster. Termasuk yang menandatanganinya David Gilmour, Jeff Beck, Eric Clapton, Jimi Page, dan Keith Richards.

Gitar itu akhirnya dibeli oleh anggota kerajaan Qatar, Sheikha Al-Mayassa. Dia mengeluarkan uang 2,7 juta dolar saat itu.

2. Fender Stratocaster Milik David Gilmour

David Gilmour sudah memiliki Stratocaster hitamnya sejak 1970an. Sejak saat itu Gilmour menamainya Black Strat dan menjadikannya gitar nomor satu.

Beberapa modifikasi Gilmour lakukan untuk gitar tersebut. Seperti jack-nya diganti dengan XLR lalu sempat ada humbucker di posisi middle.

Sampai akhirnya pada 2019 gitar tersebut masuk ke daftar lelang yang dimenangi oleh Jim Irsay, miliarder dari Indianapolis. Irsay membayar 3,975 juta dolar.

1. Martin D-18E Milik Kurt Cobain

Sejatinya Martin D-18E bukanlah gitar akustik utama Kurt Cobain. Cobain lebih sering memakai Epiphone Texan ketika beraksi di atas panggung.

Akan tetapi, entah mengapa Cobain menggunakannya saat tampil di MTV Unplugged. Jadilah gitar tersebut menjadi identik dengan pentolan Nirvana itu.

Pada Juni 2020, gitar tersebut masuk ke dalam pelelangan. Pebisnis asal Australia Peter Freedman membelinya dengan harga lebih dari 6 juta dolar.

 Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!