Suka Band-band Britpop? Ini Tips Cara Dapat Sound Ala Mereka

by Tyo Harsono on Sep 16, 2021

Bicara soal Britpop memang tidak ada habisnya. Sudah hampir tiga dekade padahal setelah sub genre tersebut meledak, di pertengahan 1990an.

Mulai dari Oasis, Pulp, Blur, Suede, dan lain-lain membuat sub genre itu meroket. Sebenarnya ini merupakan perpecahan dari pergerakan Cool Britannia.

Genre musik ini terinspirasi dari musisi-musisi era 1960 sampai 1970an. Hasilnya sound seperti era tersebut pun mewarnai.

Terdapat beberapa band yang menguasai dunia saat itu. Namun, Oasis dan Blur merupakan yang paling menjadi sorotan dan punya fans banyak.

Kegilaan Britpop sendiri nampak tidak pudar oleh waktu. Sampai saat ini, banyak yang masih menggemari dan terinspirasi dengan sub genre tersebut.

Biasanya ada beberapa gitar yang identik dengan gitarisnya. Seperti Stratocaster dengan Jimi Hendrix dan Eric Clapton atau Les Paul dengan Jimmy Page serta Slash.

Nah, di era Britpop ini juga memperkenalkan Epiphone Sheraton. Gitar tersebut identik dengan gitaris Oasis, Noel Gallagher.

Tentu banyak yang penasaran dengan cara mendapatkan sound ala band-band Britpop bukan? Tenang, Smosyu bakal mencoba membedah dasar-dasarnya.

Gitar

Kalau kamu suka Blur, Fender Telecaster adalah pilihanmu. Gitaris mereka, Graham Coxon identik dengan gitar tersebut.

Memang Coxon sempat memakai gitar lain, contohnya Gibson ES-335 atau Fender Jaguar. Namun, Telecaster adalah pilihan utamanya.

Nah, kalau fans Oasis beda lagi. Baik Noel maupun gitaris lainnya, Paul "Boneheads" Arthur senang menggunakan Epiphone Sheraton.

Selain itu Noel juga punya gitar signature, Epiphone Supernova. Di pengujung kariernya Noel sering memakai Gibson ES-335.

Sementara itu, James Dean Bradfield dari Manic Street Preachers memiliki senjata andalan Gibson Les Paul Custom dan Fender Telecaster Thinline.

Benang merah yang bisa ditarik adalah, gitaris era Britpop identik dengan gitar-gitar hollow body. Pilihanmu bisa Epiphone Dot yang cenderung murah, atau Gibson ES-335 dan Fender Telecaster Thinline.

Rekomendasi: Epiphone Dot, Epiphone Sheraton, Gibson ES-335, Fender Telecaster Thinline.

Amplifier

Kebanyakan orang mengira amplifier yang dipakai band-band Britpop kebanyakan adalah Orange. Nyatanya, hal itu hanya berlaku di Oasis.

Noel identik dengan Orange setelah memakai OR120. Namun patut diingat, sebelumnya dia memakai sempat menggunakan Marshall JCM 900 dan terkadang Vox.

Dari Blur, Coxon mengandalkan Marshall Super Lead untuk head. Namun, terkadang dia juga memakai Marshall PB100.

Sebenarnya yang menarik adalah John Squire. Amplifier yang dia gunakan untuk The Stone Roses dan The Seahorses cukup berbeda.

Bersama The Stone Roses, Squire menggunakan Fender Twin atau Mesa Boogie Mark II atau Mesa Boogie Lone Star. Di Seahorses dia mengandalkan Marshall JCM 900.

Rekomendasi: Marshall Lead, Marshall JCM 900.

Pedal

Soal pedal, Coxon cukup percaya dengan Boss. Dia memakai DS-1 Distortion, BF-2 Flanger, dan DD-3 Delay. Namun, dia juga memakai ProCo RAT 2.

Kalau kamu penasaran dengan efek yang dia gunakan untuk Song 2, jangan khawatir. Coxon memakai DOD Punkifier.

Seperti Coxon, Noel juga memakai Boss untuk urusan delay. Dia pernah memakai DD-3 atau DD-5. Urusan dirt pedal, dia menggunakan Ibanez Tube Screamer TS9.

Nah kalau Squire, dia menggunakan Ibanez Tube Screamer juga. Selain itu dia memakai Chorus Chorus CS9. Squire juga menggunakan Boss Flanger dan Fuzz Face.

Rekomendasi: Ibanez Tube Screamer, Boss DD-3, Boss Flanger.