Siapa Sih Gitaris Pertama yang Punya Gitar Signature?

by Tyo Harsono on Sep 1, 2021

Ketika berbicara soal gitar signature, nama-nama seperti Silver Sky-nya John Mayer yang langsung terbayang. Atau Les Paul Slash Signature mungkin?

Akan tetapi, tahu enggak sih, siapa gitaris pertama yang punya gitar signature? Kalau ditanya soal ini kemungkinan yang terbanyang di otak kita ada dua nama.

Nama pertama yang muncul kemungkinan besar adalah Les Paul, lalu Chet Atkins. Keduanya meluncurkan gitar signature pada dekade 1950an.

Les Paul bekerja sama dengan Gibson merilis Gibson Les Paul. Sementara Chet Atkins mengeluarkan gitar signature dengan Gretsch.

Kebetulan keduanya sama-sama nama besar di dunia jazz kala itu. Pada dekade 1950an, jazz memang genre musik yang sedang populer.

Wajar sebenarnya kalau dua nama itu terpikirkan ketika mencari tahu siapa gitaris pertama yang punya gitar signature. Jadi, benar enggak?

Sayangnya enggak. Jauh sebelum Gibson merilis Les Paul atau Gretsch bekerja sama dengan Chet Atkins, sudah ada gitar signature.

Tepatnya hampir tiga dekade sebelum Gibson Les Paul dirilis pada 1952. Tetapi memang Gibson sih, yang mengawali tren gitar signature.

Tepatnya pada 1927. Saat itu gitaris nomor satu adalah gitaris plus vokalis jazz Dominic Nicholas Anthony Lucanese, atau yang akrab dengan sapaan Nick Lucas.

Popularitas Lucas sedang dalam puncak pada dekade 1920an. Bahkan, bisa dibilang dia adalah gitaris paling berpengaruh pertama di dunia.

Lucas tercatat sebagai gitaris pertama yang merekam album solo. Saking populernya, Lucas sampai diminta bermain film.

Gibson yang memproduksi gitar tentu tidak ingin menyiakan peluang tersebut. Mereka mendekati Lucas untuk bekerja sama sebelum merilis gitar signature pada 1927.

Hebatnya gitar signature Gibson itu sampai masuk ke film yang dibintangi oleh Lucas. Gitaris kelahiran 1897 itu memainkan gitar signature nya dalam film Gold Diggers of Broadway yang rilis pada 1929.

Keberhasilan teknik promosi Gibson yang menggaet Lucas pun membuat produsen lain berlomba-lomba mengeluarkan gitar signature.

Itu untuk gitar signature pertama. Nah, untuk gitar elektrik, berarti Gibson Les Paul yang dirilis pada 1952, pertama dong?

Toh Fender tidak merilis gitar signature sampai dekade 1980an, kan? Maaf mengecewakan, tetapi Les Paul juga bukan gitar elektrik signature pertama.

Kalau untuk urusan gitar elektrik, yang pertama kali mempelopori gitar signature adalah Rickenbacker. Tepatnya ketika mereka bekerja sama dengan Ken Roberts.

Rickenbacker merilis Electro Spanish Ken Roberts pada 1931, atau 11 tahun sebelum Gibson Les Paul keluar. Roberts sendiri adalah gitaris teman Presiden Rickenbacker kala itu, George Beauchamp.

Total hanya 50 gitar yang diproduksi saat itu. Menurut catatan, tidak sampai 10 yang diketahui masih bertahan sampai saat ini.

Rickenbacker Ken Roberts adalah gitar elektrik hollow body. Terdapat vibrola buatan Doc Kauffman di bagian bridge serta menggunakan pickup yang biasa mereka gunakan untuk gitar lap steel.

Menariknya, Rickenbacker Ken Roberts lah yang digadang-gadang menginspirasi lahirnya gitar elektrik. Leo Fender dan Les Paul terinspirasi dari gitar ini.

Siapa sangka, berawal dari strategi marketing Gibson pada akhir 1920an, efek domino-nya sebesar ini. Kalau Gibson Nick Lucas tidak dirilis, mungkin tak ada Rickenbacker Ken Roberts yang berujung gitar elektrik lahir pada 1951.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!