Siapa Bilang Gitar Bagus Harus Mahal? Ini Rekomendasi 5 Gitar Budget Lima Jutaan ke Bawah

by Tyo Harsono on Sep 27, 2021

Forum-forum gitar di luar negeri sering menyebut kita tengah berada pada era terbaik menjadi gitaris. Maklum, sekarang gitar budget tidak terlalu mahal pun sudah punya kualitas bagus.

Budget sering kali menjadi alasan seseorang batal membeli gitar. Maklum, mereka beranggapan gitar bagus minimal ya harus Gibson atau Fender yang harganya selangit.

Padahal, dalam 20 tahun terakhir gitar-gitar dengan budget entry pun sudah punya kualitas yang bagus. Apalagi dibandingkan era 1980 sampai 1990an.

Terdapat beberapa gitar yang punya kualitas ciamik dengan harga tidak terlalu mahal. Cukup dengan budget lima jutaan ke bawah, gitar ini sudah bisa dibeli.

Nah, apa saja sih gitar lima jutaan ke bawah yang punya kualitas oke? Berikut ini kami merangkum lima di antaranya.

Cort

Banyak yang menganggap remeh Cort karena sering menjual gitar dengan harga murah. Padahal, mereka merupakan salah satu produsen gitar terbesar di dunia.

Cort sendiri sebenarnya memiliki beberapa kategori. Nah, untuk gitar buatan mereka yang menjadi andalan tentu yang memiliki budget murah.

Seri paling rendah Cort sendiri untuk gitar elektrik dijual dengan harga tidak sampai Rp 2 juta. Namun untuk budget itu, gitar Cort memiliki kualitas yang tak perlu diragukan.

Bacchus

Produsen gitar asal Jepang ini cukup hype dalam beberapa tahun terakhir. Awalnya hanya meniru gitar lain, lama kelamaan mereka berani berinovasi.

Bacchus buatan Jepang memang memiliki harga yang lumayan mahal. Namun, untuk beberapa seri, Bacchus dijual dengan harga yang bersahabat.

Meski begitu, quality control produk Bacchus sendiri masih dilangsungkan di Jepang. Alhasil, gitar seri terendah pun masih punya kualitas bersaing.

Squier

Seri Classic Vibes dari Squier kerap mendapat pujian dari berbagai kalangan. Meski harga barunya terbilang cukup mahal, seharga Fender standard second, sedangkan second dari seri itu bisa ditemui di rentang harga lima jutaan.

Sayangnya mencari gitar bekas dari seri Classic Vibes sendiri bukan perkara mudah. Maklum, kebanyakan tidak mau berpaling dari gitar itu.

Kalau enggak menemukannya pun, kamu bisa menggunakan Squier seri lain. Toh seri seperti Standard, Affinity, bahkan sampai Bullet pun punya kualitas yang cukup bagus.

Aria

Sudah berdiri sejak 1956, Aria punya reputasi membuat gitar dengan kualitas tinggi. Awalnya mereka membuat gitar tiruan produk Gibson atau Fender.

Nah, di dekade 1960 sampai 1970an ini Aria mendapat reputasi mentereng. Apalagi mereka memiliki kualitas bagus dengan harga murah.

Meski sudah melewati lawsuit era, Aria tetap mempertahankan ciri khas-nya. Mereka masih memproduksi gitar murah dengan kualitas bagus.

Epiphone

Pada masa lalu, Epiphone merupakan pesaing Gibson. Namun sejak akhir era 1950an mereka berada di bawah naungan pesaingnya.

Sejak saat itu Epiphone memproduksi gitar Gibson untuk harga yang lebih murah. Mereka memiliki beberapa seri yang memiliki budget di bawah Rp 5 jutaan.

Sampai saat ini, Epiphone konsisten mengeluarkan gitar murah dengan kualitas tinggi. Bahkan, ada beberapa seri yang berkolaborasi dengan Gibson.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!