Perceraian Les Paul, Kelahiran SG, dan Reissue Pertama Gibson

by Tyo Harsono on Sep 6, 2021

Awal dekade 1950an dibuka dengan penemuan baru di dunia musik, gitar elektrik. Setelah Leo Fender merilis Telecaster, Gibson dan Les Paul menantangnya dengan Gibson Les Paul.

Bekerja sama sejak 1951, Gibson dan Les Paul mengembangkan jawaban untuk Fender Telecaster. Mereka bermimpi membuat gitar elektrik solid body sempurna.

Baru pada awal 1952 gitar yang dinamakan Gibson Les Paul itu selesai. Butuh waktu beberapa bulan lagi sampai akhirnya gitar tersebut rilis.

Gibson yang terkenal senang mengeluarkan gitar signature, memakai nama Les Paul dalam produknya. Sebagai gantinya, Les Paul mendapat kompensasi.

Dari setiap penjualan Gibson Les Paul, gitaris jazz itu bakal menerima royalti sebesar 1 dolar. Jumlah tersebut setara dengan 10,3 dolar saat ini.

Awalnya Gibson Les Paul menggunakan pickup P90. Sebelum berubah menjadi humbucker PAF buatan Seth Lover pada 1955.

Sempat menuai kejayaan, popularitas Gibson Les Paul mulai menurun pada akhir 1950an. Hasilnya Gibson melakukan perubahan radikal memasuki dekade baru.

Body gitar dibuat lebih tipis dengan dua cutaway di sisi atas dan bawah gitar. Selain itu body juga diberi kontur seperti gitar-gitar Fender.

Selain itu dari segi akses ke fret juga dibuat lebih mudah. Neck joint dimajukan tiga fret untuk mempermudah akses ke fret-fret tinggi.

Menariknya, perubahan ini dilakukan tanpa sepengetahuan Les Paul. Bahkan, kabarnya si gitaris tidak suka dengan perubahan tersebut.

Sebaliknya, desain baru Les Paul justru populer. Bahkan istrinya kala itu, Mary Ford, dikabarkan lebih menyukai desain anyar.

Akan tetapi, masalah muncul tidak lama setelah gitar itu dirilis. Tepatnya dua tahun setelah model baru Les Paul keluar, pada 1963.

Rumah tangga Les Paul dan Mary Ford tengah goncang. Ujung-ujungnya mereka bercerai. Nah, masalah muncul di tengah perceraian keduanya.

Di tengah sidang perceraian Les Paul dengan Mary Ford, dia meminta Gibson untuk menarik namanya dari gitar. Hasilnya, Les Paul kehilangan hak royaltinya.

Sahabat Les Paul sekaligus Presiden Gibson ketika itu, Ted McCarty menyetujui permintaannya. Gibson pun merilis gitar dengan nama baru, SG (singkatan dari Solid Guitar).

Sejak 1964 sampai 1967, hasilnya Gibson tidak memproduksi Les Paul, sama sekali. Namun semua berubah menjelang pergantian dekade.

Popularitas Les Paul model lama meledak pada 1965. Kemunculan Eric Clapton, Freddie King, dan Hubert Sumlin menjadi alasan.

Semakin mendekati akhir dekade 1960an, gitaris yang menggunakan Gibson Les Paul model lama semakin banyak. Puncaknya ketika Jimmy Page menuai sukses bersama Led Zeppelin.

Hasilnya, Gibson pun merilis gitar reissue pertama mereka. Semua bermula setelah Les Paul merilis album baru berjudul Les Paul Now pada 1967.

Rupanya sang legenda duluan yang menghubungi Gibson. Saat itu dia menginformasikan proses perceraiannya sudah berakhir dan tengah didekati oleh Fender.

Sisanya tinggal sejarah. Bahkan, sejarah mencatat, sebenarnya Gibson berniat menghentikan produksi semua gitar elektrik solid body-nya.

Apabila Les Paul tidak menemui Gibson pada 1967, kemungkinan perusahaan itu tak akan lagi merilis gitar solid body. Mereka hanya akan mengeluarkan gitar hollow atau semi hollow body.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!