Siapa Bilang Upgrade Gitar Mahal? Cukup Lakukan 5 Hal Ini!

by Tyo Harsono on Aug 13, 2021

Pekan lalu kami sudah membahas soal memodifikasi gitar entry level. Nah, kali ini mari membahas modifikasi apa saja yang perlu kamu lakukan tanpa perlu budget besar.

Seperti yang kamu ketahui, produsen melakukan pengurangan biaya produksi di sana-sini. Tujuannya adalah mengeluarkan gitar murah dengan kualitas bagus.

Akan tetapi, patut diingat gitar-gitar entry level yang beredar saat ini sudah lebih bagus. Setidaknya ketimbang dua sampai tiga dekade silam.

Nah, beberapa upgrade kadang sebenarnya enggak terlalu perlu. Walau ada juga upgrade yang terlihat sederhana tetapi sebenarnya penting.

Jadi, apa saja upgrade yang bisa kamu lakukan tanpa perlu memakan biaya banyak? Simak tips-tips yang kami kumpulkan di bawah ini.

Mengecek Ketinggian Senar di Nut



Seperti sudah kita bahas di atas, beberapa produsen gitar melakukan pengurangan biaya produksi. Hal ini kadang membuat mereka luput dari mengecek ketinggian senar di nut.

Karena kurangnya biaya, terkadang ketinggian nut dibuat sengaja lebih tinggi. Nah hal ini bisa berpengaruh ke gitar menjadi lebih sulit in-tune.

Hal ini mudah dilakukan, kamu bisa mengukur ketinggian senar sesuai keinginanmu. Kemudian bisa mengikis nut menggunakan senar yang tak terpakai.

Meski demikian, kalau kamu enggak berhati-hati malah bisa merusak nut. Nah, kalau sudah begitu, membayar jasa teknisi pun rasanya tidak terlalu mahal.

Melincikan Nut Slot


Masih dari nut, karena ini bagian yang paling mudah di upgrade. Sadar atau tidak, nut merupakan bagian yang paling sering terlewatkan saat proses quality control.

Nah, kamu hanya perlu membuat nut slot lebih licin selanjutnya. Ini terutama untuk gitar yang punya tuning machine 3+3 (Gibson, Epiphone, PRS).

Kalau di tips sebelumnya kamu hanya butuh senar bekas untuk DIY, ini sedikit lebih butuh modal. Kamu perlu pensil untuk melincinkan nut slot.

Kenapa? Di pensil terdapat grafit yang bisa membantu melincikan nut slot. Yang perlu kamu lakukan cukup mencoret-coret nut slot dengan pensil setiap kamu merasa nut mu kesat.

Kenapa harus melakukan hal ini? Sederhana, untuk menghindari senarmu cepat terjepit di nut slot sehingga mengganggu kualitas tuning.

Ganti Tuning Machine


Pada gitar entry level, biasanya mereka menggunakan tuning machine yang murah. Walau bisa melakukan tugasnya dengan baik, terkadang tuning machine murah juga tidak melakukannya.

Materi pembuatan bisa menjadi alasannya. Terkadang tuning machine murah bisa keras saat kita melakukan penyeteman, atau malah kesulitan untuk terus in-tune.

Mengganti tuning machine adalah opsi yang cukup murah. Harganya pun variatif, mulai dari Groover atau Wilkinson yang bersahabat sampai papan atas semacam Hipshot.

Melakukan penggantian tuning machine pun relatif tidak susah. Namun kalau kamu membayar jasa teknisi pun biayanya tidak terlalu mahal.

Meningkatkan Kualitas Elektronik


Ketika berbicara elektronik, kamu pasti langsung berpikiran soal pickup. Namun, sebelum mengganti pickup, ada baiknya kamu mengubah hal lain terlebih dulu.

Paling pertama mungkin re-wiring. Terkadang kualitas kabel gitar murah tidak terlalu bagus sehingga kabel-kabelan ini yang perlu kamu ganti lebih dulu.

Selain itu kalau kamu ingin maksimal, ada baiknya sekalian mengganti potentiometer dan capacitor. Toh meningkatkan kualitas ini tidak terlalu mahal.

Akan tetapi kalau kamu tidak terlalu familiar dengan kelistrikan, sebaiknya menggunakan jasa teknisi. Upgrade komponen tersebut mungkin terkesan sederhana, tetapi sejujurnya justru lebih vital ketimbang pickup.

Baru Ganti Pickup!


Sudah melakukan semua hal di atas dan masih belum puas dengan performa gitarmu? Mungkin baru ini saatnya kamu ganti pickup.

Oke, harga pickup memang tidak murah. Namun, apa alternatifnya? Cari saja pickup bekas, toh banyak orang yang menggonta-ganti pickup nya.

Kalaupun terpaksa membeli baru pun, biaya mengganti pickup lebih murah ketimbang membeli gitar baru. Dengan penggantian pickup, kalau kamu sudah melakukan modifikasi lain, gitarmu bisa sempurna.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!