Sadar Enggak? Mainan-mainan Ini Ada di Rekaman Musisi Profesional!

by Tyo Harsono on Aug 11, 2021

Bikin rekaman pakai gitar Gibson? Sudah biasa. Pakai bass Squier deh. Masih biasa tuh. Bagaimana kalau rekaman pakai mainan? Hah, ini baru gila!

Musisi memang terkenal sering mengeksplorasi hal-hal menarik. Jadi, enggak heran kalau ada beberapa yang memasukan mainan ke rekaman mereka.

Nah, rupanya sejarah mencatat ada beberapa musisi yang menggunakan mainan untuk rekaman. Mainan di sini bukan alat musik murah ya, melainkan benar-benar mainan anak-anak.

Bahkan mainan anak-anak yang mereka gunakan pun cukup beragam. Mulai dari yang jelas seperti piano mainan sampai mainan yang bisa berbicara.

Hal ini membuktikan, kamu bisa membuat rekaman dengan apa pun yang kamu punya. Nah, berikut ini beberapa musisi dengan mainan anak-anak mereka. Semoga bisa menjadi inspirasi.

Jimi Hendrix dan Sisir Ajaibnya

Ketika masih kecil, enggak sedikit dari kita yang memainkan tisu di mulut untuk membuat suara unik. Nah siapa sangka hal semacam ini dilakukan musisi sekelas Jimi Hendrix.

Ketika merekam Crosstown Traffic yang ada di album Electric Ladyland, Hendrix menggunakan hal semacam ini. Dia menaruh tisu di sisir.

Kemudian gabungan tisu dan sisir itu dia gunakanuntuk menciptakan suara unik di lagu tersebut. Jenius benar memang Hendrix!

Mainan Asinan Ketimun Damon Albarn

Lain lagi dengan Damon Albarn yang sering bereksperimen di Gorillaz. Eks pentolan Blur itu membawa mainan yang enggak kalah menarik.

Tepatnya untuk lagu Seattle Yodel yang ada di album The Fall. Damonn menggunakan sampling dari mainan berbentuk asinan ketimun keluaran Archie McPhee.

Lucunya, tak beberapa lama perusahaan mainan tersebut 'membuatkan' video clip untuk lagu tersebut. Satu catatan, kedua belah pihak sama-sama tidak meminta izin untuk membuat karya mereka.

Gitar Mainan dan Rasa Frustrasi Donna Sparks

Banyak alasan menggunakan mainan di rekaman mereka. Namun Donna Sparks dari L7 mungkin punya alasan yang paling mencengangkan.

Donna menggunakan mainan gitar buatan Micro Jammers saat merekam single Drama dari album The Beauty Process: Triple Platinum untuk part gitar solonya.

Ketika ditanya Rolling Stone mengenai alasannya menggunakan gitar mainan, Donna menjawab, "saya frustrasi memainkan riff itu, jadi biar gitar mainan yang melakukannya."

Drum Mainan di Lagu Deardrums

Duet musisi tekno Deardrum terkenal mengandalkan drum di lagu-lagu mereka. Namun, siapa sangka ada drum mainan dalam salah satu lagu mereka.

Lagu itu berjudul Aquila yang dirilis pada 2015 silam. Mereka menggunakan mainan drum keluaran Mattel yang bernama Synsonics.

Synsonics sendiri adalah mainan drum yang terdiri dari dua tom, lalu snare, cymbal, closed hi-hat, dan kick. Mainan itu sendiri sudah rilis sejak 1981.

Mainan Edukasi Milik Orchestral Manoeuvres in the Dark

Orchestral Manoeuvres in the Dark (selanjutnya OMD) juga menggunakan mainan pada rekaman mereka. Tepatnya untuk lagu Genetic Engineering dari album Dazzle Ships.

OMD memakai mainan Speak & Spell keluaran Texas Instruments. Mainan tersebut dikeluarkan sejak 1970an untuk membantu anak-anak belajar mengeja.

Artinya, OMD menggunakan mainan edukasi untuk merekam lagu tersebut. Nantinya penggunaan mainan ini yang nantinya dikabarkan banyak menginspirasi album Radiohead OK Computer.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!