Menyelami Lebih Dalam Soal Modifikasi Gitar Level Entry sampai Mid

by Tyo Harsono on Aug 4, 2021

"Ah lucu juga ya kalau gitar ini pickup-nya diganti."

"Kayaknya bakal enak deh gitar ini kalau bridge-nya diganti."

"Tuning machine-nya agak jelek nih, mendingan pakai yang lebih bagus nih."

Kadang, kalimat-kalimat di atas sering terdengar keluar dari mulut gitaris. Apalagi bagi mereka yang baru punya gitar elektrik pertamanya.

Biasanya mereka menggunakan gitar dengan kategori entry (Bacchus Universe, Squier Affinity) sampai mid (Epiphone, Squier Classic Vibes, Fender Meksiko).

Maklum, harganya lebih murah ketimbang harus membeli gitar-gitar semacam Fender Amerika atau Gibson. Namun, dengan harga murah, pasti ada sesuatu yang dikurangi.

Semisal penggunaan bridge atau tuner dengan kualitas berbeda. Atau pickup yang memakai ceramic magnet alih-alih alnico, dan lain sebagainya.

Biasanya hal tersebut bisa diakali dengan melakukan modifikasi gitar. Bukan rahasia kalau yang biasanya mulai dimodifikasi adalah pickup.

Kenapa? Karena penggantian pickup yang biasanya paling kentara efeknya. Suara gitarmu bisa langsung berubah seperti misalnya menggunakan pickup yang sama dengan Fender keluaran Amerika.

Sayangnya, enggak banyak yang berpikir panjang sebelum memodifikasi gitarnya. Padahal belum tentu eksperimenmu menghasilkan gitar impianmu.

Masalahnya begini, ada pemain yang secara tidak sadar mengutamakan suara gitarnya. Namun, ada juga yang lebih mementingkan kenyamanan.

Bagi kamu yang mengutamakan suara, solusinya mungkin sedikit lebih mudah. Contohnya seperti dengan mengubah pickup seperti disebut di atas.

Selain itu, hal yang enggak kalah penting dibanding mengganti pickup (bahkan mungkin harus dilakukan lebih dulu) adalah melakukan rewiring.

Kemudian jangan lupa mengganti potentio dan capacitor. Bukan tak mungkin setelah melakukan perubahan di atas, suara gitarmu berubah drastis menjadi lebih bagus.

Nah masalahnya adalah kalau kamu mengutamakan kenyamanan. Biasanya kenyamanan gitar di tangan berawal dari neck-nya.

Misalnya, kamu merasa enggak nyaman dengan ujung fretboardmu. Nah, kalau ini solusinya sih lebih baik membeli gitar baru.

Memang kamu bisa mengganti neck saja, tetapi harganya mungkin tak jauh berbeda dengan membeli gitar baru. Atau yang lebih murah adalah membuat neck-mu memiliki rolled fretboard edges.

Hanya saja perlu diingat, enggak mudah melakukan modifikasi tersebut. Salah-salah neck-mu malah bisa menjadi lebih enggak enak.

Jadi, sebaiknya sebelum memodifikasi gitar, kamu mencari informasi terlebih dulu. Hal itu untuk mencegah memodifikasi hanya karena nafsu saja.

Dengan melakukan modifikasi, kamu bisa menemukan gitar favoritmu. Namun, bukan berarti hal itu memberi jaminan.

Jadi bagaimana menurutmu, apakah pantas memodifikasi gitarmu? Atau lebih baik menabung untuk membeli gitar idamanmu?

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru dan dapetin kesempatan memenangi gitar? Klik banner di bawah ini!