Demi Mimpinya, John Suhr Berani Meninggalkan Fender

by Tyo Harsono on Aug 30, 2021

Tak terasa sudah 47 tahun John Suhr membuat gitar. Setelah awalnya bekerja menjadi Master Builder di Fender, Suhr membuat produsen gitar sendiri.

Awal karier Suhr bermula di New York. Kala itu dia bekerja di suatu toko gitar bertugas sebagai teknisi gitar.

Terinspirasi dengan gitar-gitar, Suhr mulai membuat gitar sendiri pada 1974. Sampai akhirnya dia menjadi murid dari Rudy Pensa pada 1980an.

Pada 1984 Suhr mulai membuat gitar pertamanya. Kemudian dia menerima order pembuatan gitar dengan nama Pensa-Suhr untuk gitaris ternama.

Tercatat nama-nama besar pernah meminta dibuatkan gitar oleh Pensa-Suhr. Sebut saja Pete Frampton, Eric Clapton, serta Mark Knopfler.

Merasa sudah cukup pengalaman, Suhr meninggalkan New York. Ketika itu dia terobsesi mempelajari cara membuat amplifier.

Setelah empat tahun, dia merasa dunia pembuatan amplifier bukan untuknya. Kemudian dia mendapat tawaran bekerja di Fender Custom Shop.

Tidak tanggung-tanggung, Suhr langsung mendapat jabatan tinggi. Dia ditunjuk menjadi Senior Master Builder di sana.

Pete Frampton rupanya masih menyukai hasil karya Suhr. Hal itu membuat Frampton menjadi langganannya ketika bekerja di Fender.

Meski begitu, bekerja untuk orang lain nampaknya bukan passion Suhr. Dia merasa tidak betah berlama-lama di Fender.

Toh dia memiliki mimpi yang besar. Memiliki produsen gitar sendiri yang menghasilkan produk dari otaknya sendiri.

Hanya dua tahun saja akhirnya Suhr bekerja di Fender. Mulai 1997, dia berhenti dan membuat perusahaan sendiri yang dinamakan Suhr Guitars.



Ketika itu dia bekerja sama dengan Steve Smith. Suhr bertugas membuat desain gitar sementara Smith mengurusi pemograman mesin.

Awalnya Suhr hanya menerima custom order. Mereka membuat gitar dengan spesifikasi tinggi berdasarkan permintaan konsumen.

Pada saat yang sama Suhr juga mulai memproduksi pickup sendiri. Uniknya pickup buatannya justru lebih mendunia terlebih dulu ketimbang gitarnya.

Gebrakan Suhr mulai terasa pada 2005 ketika memperkenalkan Silent Single Coil pickup. Produk itu mengubah lanskap dunia gitar saat itu.

Sebelumnya pickup single coil terkenal memiliki suara bising. Namun Suhr mengakalinya dnegan memberikan coil tambahan untuk mereduksi suara bising.

Saat ini produk Suhr cukup beragam. Mulai dari Classic yang terinspirasi dari Fender Stratocaster sampai Modern yang terinspirasi dari Superstrat.

Awalnya banyak yang cibiran karena menganggap produk Suhr banyak terinspirasi dari Fender. Toh dia memang sempat menimba ilmu di sana.

Akan tetapi, sekarang pujian terus mengalir ke Suhr. Bahkan, mereka sampai berani menyebut gitar buatan Suhr sebagai penyempurnaan dari gitar-gitar Fender.

Sejumlah gitaris ternama menggunakan gitar buatan Suhr. Sebut saja Scott Henderson, Mateus Asato, sampai Mark Knopfler.

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru? Klik banner di bawah ini!