Sssttt, Ini Loh 5 Pedal yang Punya Nama Unik

by Tyo Harsono on Jul 5, 2021

Sejak pertama kali hadir pada era 1960an, pedal kerap menjadi hal yang sulit lepas dari gitaris atau bassist.

Awalnya nama pedal sederhana saja, menunjukkan fungsinya. Sebut saja seperti Fuzz Face, atau Delay, Overdrive, dan lain-lain.

Akan tetapi, di tengah ketatnya persaingan pedal, nama-nama yang unik pun bermunculan. Tujuannya? Apalagi kalau bukan untuk menarik perhatian.

Ada yang memilih nama keren seperti GFI Clockwork Orange. Ada juga yang punya nama lucu kayak JHS Pink Panther (sekarang sudah ganti jadi Lucky Cat).

Lucunya ada juga beberapa pedal yang punya nama unik. Malah terkadang namanya enggak ada hubungannya sama fungsi pedal itu.

Setelah melakukan berbagai riset sana-sini, Smosyu memutuskan untuk memilih lima pedal ini sebagai yang punya nama paling unik. Gimana, kamu setuju enggak?

Guyatone Hell Monster

Dari segi nama, ini mungkin yang paling keren. Membawa-bawa neraka, efek buatan Guyatone, perusahaan asal Jepang, ini adalah distortion.

Dibuat pada dekade 1990an, Hell Monster merupakan bagian dari seri Flip. Lucunya meski punya nama seram, desain Hell Monster justru enggak terlalu ngeri.

JHS Spring Tank

Waktu melihat pedal ini, kami sebetulnya agak bingung apa hubungannya tank sama reverb. Apalagi warnanya putih, enggak kayak reverb kebanyakan identik sama biru.

Walau begitu, pedal keluaran JHS ini cukup keren. Gimana enggak, lo bisa pakai dua reverb sekaligus atau punya dua setting-an reverb. Ditembak sama tank yang satu ini bisa bikin lo mengawang dan melayang.

Midnight Amplification Moon Funeral

Bulan identik dengan malam dan ketenangan. Lah, ini kok ternyata malah dibuat untuk pedal fuzz oleh Midnight Amplification.

Pedal ini sendiri terkenal karena menciptakan fuzz unik yang identik sama film-film science fiction. Lucunya control di pedalnya cuma punya tulisan Star, Cloud, sama Blade. Binggung enggak tuh?

Caroline Guitar Vegetarian Pizza

Awalnya Caroline Guitar udah ngeluarin Hawaiian Pizza yang fungsinya adalah fuzz. Tetapi kami merasa Vegetarian Pizza lebih unik namanya.

Ada gambar pizza dan sayur-sayuran di pedal berwarna abu-abu itu. Pedal ini sendiri bisa menjadi fuzz atau overdrive.

DigiTech Bad Monkey

Siapa sih yang enggak kenal Ibanez Tube Screamer? Pedal itu bisa dibilang punya banyak kloningan. Tapi kloningan yang satu ini punya nama cukup keren.

Bad Monkey keluaran DigiTech sering menjadi pilihan gitaris yang mau beli TS tapi budget pas-pasan. Banyak yang bilang Bad Monkey punya kualitas terbaik untuk kloningan TS dengan nama yang enggak kalah keren.

Enggak mau ketinggalan nonton pertandingan EURO 2020 dan dapetin kesempatan memenangi gitar? Klik banner di bawah ini!