Sempat Bocor, Fender Bakal Keluarkan Adik American Ultra

by Tyo Harsono on Jul 26, 2021

Tiga tahun berlalu sejak Fender merilis American Ultra. Sayangnya belum ada padanan yang sama untuk versi Meksiko seri tersebut.

Padahal Fender selalu membuat seri-seri gitarnya dalam paralel. Sebut saja American Profesional - Player atau American Original - Vintera.

Akan tetapi, kini ada kabar baik untuk pencinta gitar modern Fender. Sempat bocor beberapa waktu lalu mereka bakal merilis Player Plus.

Seri tersebut merupakan paralel dari American Ultra (atau Ultra-Luxe) saat ini. Tentu saja Fender Player Plus akan dibuat di Meksiko.

Pada masa lalu sebenarnya Fender sudah punya seri sejenis. Saat itu mereka menamainya Fender Deluxe untuk gitar modernnya.

Sayangnya perubahan besar-besaran pada 2018 tidak mencakup seri Deluxe. Standard berubah menjadi Player sementara American Standard menjadi American Profesional.

Sekitar empat tahun berselang akhirnya Deluxe tidak lagi menjadi anak tiri. Seri terbaru nampaknya akan terjadi pada Player Plus.

Beberapa waktu lalu, salah satu toko alat musik di Italia sempat mengunggah foto-foto seri Player Plus. Namun sekarang sudah ditake down.

Menurut situs milik Esse Music itu, Player Plus bakal dirilis pada 24 September mendatang. Terdapat masing-masing dua seri gitar dan bass.

Untuk gitar, Fender meluncurkan Stratocaster dengan dua varian. Pertama adalah SSS, lalu HSS. Semua memiliki neck dari maple dan fretboard maple atau pau ferro.

Neck akan memiliki profil modern C dengan 22 fret dan 12 fretboard radius. Sementara itu body terbuat dari alder.

Untuk seri SSS, terdapat tiga noiseless pickup dengan push-pull pot di tone control. Fungsinya adalah untuk menggabungkan pickup neck dengan bridge atau menyalakan ketiga pickup.

Sementara untuk varian HSS, terdapat shawbucker pada bagian bridge. Ada juga push-pull di tone control dengan funsi untuk coil split.

Lalu untuk Telecaster sendiri terdapat dua varian juga. Pertama adalah standard, lalu Nashville Telecaster. Semua menggunakan noiseless pickup dan spesifikasi sama dengan Strat.

Kalau Tele standard praktis tidak ada yang berbeda selain noiseless, Nashville ada beberapa perbedaan. Termasuk di antaranya adalah adanya pickup middle.

Seri Nashville juga memiliki five way switch seperti Strat. Bahkan middle pickupnya juga berasal dari middle pickup milik strat.

Bagi bassist, Player Plus sendiri seolah menjawab keresahan tak adanya bass active Fender seri Meksiko. Precision dan Jazz Bass player plus memiliki active preamp.

Terdapat beberapa kontrol boost/cut pada bass seri Player Plus. Yaitu, volume, pan, treble, midrange, dan bass.

Semua bass seri Player Plus menggunakan HiMass bridge dan noiseless pickup. Yang unik mungkin di seri Precision, di mana Fender memberikan pickup noiseless Jazz Bass di bridge.

Rasanya enggak sabar menunggu seri terbaru keluaran Fender ini. Siapa sih yang enggak mau mainin gitar buatan Fender dengan spesifikasi modern?

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru dan dapetin kesempatan memenangi gitar? Klik banner di bawah ini!