Rayakan 30 Tahun Nevermind, Fender Rilis Ulang Jag-Stang

by Tyo Harsono on Jul 14, 2021

Leo Fender merupakan inventor nomor satu dalam dunia gitar. Apa jadinya kalau dua karya Leo digabungkan menjadi satu? Coba tanya saja ke Kurt Cobain.

Pria asal Seattle itu memang punya kepribadian yang menarik. Sejak muda Cobain tidak pernah mau mengikuti aturan.

Cobain adalah pemuja kebebasan, dia tidak mau terikat oleh batasan yang ditetapkan oleh orang lain. Termasuk dalam bermusik.

Ketika gitaris lain menyukai Fender Telecaster atau Stratocaster, Cobain punya pilihan lain. Pentolan Nirvana itu identik dengan Jaguar atau Mustang.

Sebenarnya faktor ekonomi juga menjadi alasan. Dua gitar karya terakhir Leo sebelum menjual Fender ke CBS itu punya harga lebih murah ketimbang Telecaster atau Stratocaster.

Berbeda dengan saat ini, Jaguar dan Mustang tidak populer di dekade 1990an. Hasilnya musisi kala itu mendapatkan instrumen tersebut dengan harga murah.

Menariknya ternyata ada masing-masing fitur dari Jaguar dan Mustang yang disukai oleh Cobain. Hasilnya dia berusaha meyakinkan Fender untuk membuat gitar idamannya.

Cobain mendatangi kantor Fender setelah Nevermind meledak pada 1991. Saat itu dia membawa potongan foto bagian Jaguar dan Mustang yang disukainya.

Suami Courtney Love itu menyatukan gambar tersebut di depan petinggi Fender. Cobain meminta mereka untuk membuatkan gitar yang dipanggilnya Jag-Stang.

Setelah jadi Fender mengirimkan Jag-Stang ke Cobain dan dia sempat memakainya untuk tur In Utero. Menilik popularitas Nirvana saat itu, Fender pun merilisnya.

Sayangnya pada tahun pertama produksinya, Cobain meninggal karena bunuh diri. Fender sempat menghentikan produksi Jag-Stang sebelum memulai kembali pada 1995 sampai 2001.

Produksi Jag-Stang kembali pada 2003 sampai 2005, tetapi kali ini buatan Fender Jepang. Sayangnya setelah itu Jag-Stang bagai mati suri.

Sampai akhirnya pada 2021, di tengah pandemi Covid-19, Fender memutuskan merilis kembali Jag-Stang. Kali ini sebagai peringatan 30 tahun Nevermind.

Sebagian besar spesifikasi Jag-Stang tidak mengalami perubahan. Floating bridge with dynamic tailpiece masih hadir.

Sementara itu neck pickupnya menggunakan vintage style single coil. Pada bagian bridge terdapat custom humbucking pickup.

Neck juga masih terbuat dari maple. Uniknya meski dibuat di Meksiko, Fender memberikan fingerboard dari rosewood (terkait pembatalan CIES, baca di sini).

Akan tetapi, Fender melakukan upgrade pada bagian body gitar. Apabila pada edisi sebelumnya menggunakan basswood, kali ini Jag-Stang memiliki body dari Alder.

Jadi penasaran, seberapa banyak ya penggemar Kurt Cobain dan Nirvana yang mau pakai Jag-Stang? Apa sudah cukup puas dengan Fender Jaguar Kurt Cobain Signature?

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru dan dapetin kesempatan memenangi gitar? Klik banner di bawah ini!